ThePhrase.id - Gelaran Halal Kulture Market (HaKa) resmi dibuka hari ini, 1 November 2024 - 3 November 2024 di Hall 3-3A, ICE BSD. Acara yang digelar oleh Mumtaz Creative ini mengajak para muslim muda untuk healing sejenak dengan berbagai program kreatif dan rekreatif untuk memberikan khasanah kesadaran religi sekaligus muamalah bagi muslim muda.
Perkembangan sosial media memberikan pengaruh besar bagi muslim muda untuk mengenal dan memperdalam agama. Berbagai komunitas-komunitas hobi yang bermunculan juga tak kalah eksis mengemas kegiatan hobinya dengan pesan-pesan religius sehingga lebih bermakna, tidak sekadar kesenangan berkumpul.
“Tren inilah yang mendorong kami menghadirkan Halal Kulture Market untuk menjawab kebutuhan milenial dan Gen Z sekaligus juga memberikan preferensi bagi pelaku bisnis halal untuk lebih mengenal market mereka. Karena saat ini populasi mereka yang terbesar, yakni 74,93 juta atau 27,94 % dari total penduduk. Mereka tengah memasuki usia pekerja produktif dan memiliki daya beli yang terus meningkat,” ungkap Agung Paramata, CEO Mumtaz Creative, Jumat (1/11).
Melalui acara ini, Agung berharap dapat membangkitkan jiwa entrepreneur generasi muda serta menjadi wahana yang menggerakan lahirnya ekosistem muslim muda dalam berbagai sektor ekonomi dan sosial.
Menggandeng Kamar Dagang Indonesia (Kadin) DKI Jakarta, Halal Kultur Market menghadirkan berbagai program andalan Kadin, seperti E-Halal Forum yang merupakan kerja sama Kadin dengan Halal Industry Development Corporation (HDC) Malaysia dan kolaborasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Islamic Chamber Halal Services (ICHS) untuk pengembangan industri halal.
“Kami menyambut positif Halal Kultur karena selaras dengan concern kami dalam mewujudkan ekosistem produk halal di Indonesia. Kami optimis gelaran ini dapat melahirkan talenta-talenta muslim baru dalam dunia usaha di masa mendatang.” jelas Diana Dewi, Ketua Kadin Daerah Khusus Jakarta.
HaKa menempati area seluas 15.000 m2 dan menghadirkan 200 booth dari berbagai kategori bisnis diantaranya fashion, herbal & farmasi, halal cosmetic, halal travel, education, halal Food & Beverage, finansial syariah, syariah wedding dan multiproduct.
Berbagai booth ini memberikan diskon tidak tanggung-tanggung hingga 50%.
Tak hanya sekadar memburu diskon, HaKa juga menghadirkan berbagai aktivitas penuh inspirasi, seperti Faedah Talk dengan narasumber asatidz/asatidzah yang mumpuni di bidangnya. Ada juga Creative Culture Space yang selama tiga hari full menyajikan sharing dan cerita menarik membangun bisnis dari entrepreneur sukses.
Pada gelaran ini, muslim muda yang memiliki akun media sosial juga dapat mengikuti program affiliate tiket bersama berbagi.link untuk dapat cuan dari program ini.
Ada pula program yang mengupas tentang pernikahan dari Khadijah Centre hingga wahana literasi di Literacy Corner. Bagi yang membawa anak, juga dapat menjajal pacuan kuda, panahan, hingga bermain basket.
Dengan keterlibatan sejumlah komunitas yang meramaikan HaKa, Agung optimis menarik perhatian lebih dari 25 ribu pengunjung.
Bagi pengunjung yang menggunakan transportasi umum juga dapat menikmati fasilitas free shuttle terminal intermoda ke lokasi dari Thoifah Trans. Harga tiket masuk regular HaKa dibanderol sebesar Rp30.000 dan dapat dibeli via online sebesar Rp25.000/hari.
Tiket gratis diberikan juga untuk anggota TNI/POLRI, lansia di atas 65 tahun dan anak usia dibawah 3 tahun. [fa]