ThePhrase.id – Nama Naya Tinanda Nabila mungkin asing di telinga, namun tidak dengan brand yang ia dirikan, yaitu Rollover Reaction dan Alchemist Fragrance. Kedua brand lokal ini dikenal akan inovasinya dan produknya yang berhasil memikat para beauty enthusiast.
Di balik kesuksesan kedua brand tersebut, ada sosok Naya, perempuan hebat yang memulai kisah suksesnya sejak ia masih muda.
Penasaran dengan kisahnya? Simak profilnya berikut.
Kisah sukses Naya bermula dari persahabatan. Bersama tiga sahabat SMA-nya, Dinar Amanda, Sarah Novia, dan Novianti Haryanto, Naya mendirikan Rollover Reaction pada tahun 2014.
Pasca lulus kuliah, keempatnya merasa bahwa sangat sedikit menemukan kosmetik yang berkualitas di Indonesia. Saat itu, tren jastip (jasa titip) sedang marak. Hal ini menunjukkan tingginya permintaan terhadap kosmetik luar negeri yang harganya mahal dan membutuhkan waktu lama untuk sampai ke tangan pembeli.
"Kita mikir, mau dapetin kosmetik bagus aja sulit. Akhirnya kita do research di Indonesia ternyata kita punya kapabilitas untuk bikin kosmetik. Akhirnya kita kerjasama dengan manufaktur yang punya iso dan standar lainnya untuk bikin produk dan akhirnya kita buat brand sendiri," ujar Naya melansir Wolipop
Perjalanan membangun Rollover Reaction tidak mulus. Dua tahun penuh dihabiskan untuk riset dan pengembangan produk pertama mereka, yaitu Lip and Cheek Cream. Saat itu, makeup multifungsi belum cukup populer di pasar lokal sehingga dianggap aneh atau tidak lazim.
Namun Naya dan tim justru gigih hingga akhirnya produk tersebut dirilis setelah dua tahun dan langsung disambut antusias. Menariknya, dengan target penjualan untuk tiga tahun, mereka justru berhasil mencapainya hanya dalam dua bulan setelah peluncuran.
Keberhasilan ini tak lepas dari keberanian mereka menawarkan sesuatu yang inovatif dan multifungsi, serta cocok untuk kulit perempuan Indonesia. Naya juga membuat desain kemasan Rollover Reaction artsy yang fun dan playful.
Hingga kini, Rollover Reaction berkembang dan menghasilkan berbagai jenis produk, seperti Lip and Cheek Tint, Cushion, Perfume Balm, Lip and Blush Balm, dan masih banyak lagi.
Melalui brand ini, Naya ingin menyampaikan pesan bahwa definisi cantik itu tanpa batas, sehingga perempuan bisa bebas berekspresi sesuai keunikan masing-masing.
Setelah sukses di industri kosmetik, Naya tak berhenti di situ. Ia melebarkan sayap bisnisnya ke dunia parfum dengan mendirikan Alchemist Fragrance pada 2022.
Visi Naya sederhana namun ambisius, yaitu menciptakan parfum lokal dengan kualitas global, yang tidak hanya mewah dan klasik tapi juga memiliki cerita yang relevan bagi penggunanya.
Di tahun tersebut, pasar wewangian lokal memang tengah bertumbuh pesat. Sayangnya, tak sedikit parfum lokal yang hanya mementingkan kuantitas dibanding dengan nilai dan esensi produk.
Melihat celah ini, Naya menghadirkan Alchemist Fragrance dengan berbagai inovasi, seperti menggandeng perfumer untuk menghasilkan aroma unik hingga menghadirkan kuis singkat agar pembeli bisa menemukan parfum yang sesuai kepribadian mereka.
Personalisasi ini menjadi kekuatan bagi produk Alchemist Fragrance. Storytelling yang kuat di balik tiap varian parfum membuat brand ini menonjol di pasar lokal.
Menariknya, Alchemist Fragrance tidak hanya diterima di Indonesia, tapi juga sukses menembus pasar Malaysia. Banyak pelancong asal Negeri Jiran membawa parfum karya Naya sebagai buah tangan dari Indonesia.
Viralnya Alchemist Fragrance di Malaysia bukan tanpa alasan. Inovasi aroma, kualitas bahan, serta pendekatan personal yang diusung Alchemist Fragrance membuatnya cepat diterima pecinta parfum di sana.
Lewat Rollover Reaction dan Alchemist Fragrance, Naya Tinanda Nabila berhasil membuktikan bahwa produk lokal juga dapat bersaing di panggung global dengan berbagai inovasi dan sentuhan personal. [fa]