Nicole Oliveira, Astronom Termuda di Dunia yang Berhasil Temukan Belasan Asteroid

- Advertisment -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Pada umumnya anak-anak berusia 8 tahun masih disibukkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan tugas dari berbagai mata pelajaran di sekolah. Namun berbeda dengan Nicole Oliveira. Gadis cilik berumur 8 tahun asal Brasil ini justru sibuk melakukan berbagai kegiatan bergengsi dalam bidang astronomi dan bahkan telah bergabung dengan salah satu program NASA bernama ‘Asteroid Hunters’.

Dalam program tersebut, astronom termuda di dunia ini bertugas untuk mencari asteroid serta menghadiri seminar internasional serta bertemu dengan tokoh antariksa dan sains terkenal di Brasil.

- Advertisement -

Nicole Oliveira (Foto: AFP)

Asteroid Hunters merupakan program dari International Astronomical Search Collaboration yang berafiliasi dengan NASA dan Kementerian Sains Brasil. Program ini bertujuan mengenalkan sains lebih dalam kepada anak-anak muda dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk menemukan hal-hal baru di luar angkasa.

Terhitung total asteroid yang telah berhasil ditemukan oleh Nicole yakni sejumlah 18 buah. Dan jika temuannya tersebut telah disertifikasi dalam waktu beberapa tahun ke depan, maka Nicole akan resmi menjadi orang termuda di dunia yang menemukan asteroid. Nantinya, Nicole akan memecahkan rekor Luigi Sannino dari Italia yang berhasil menemukan 2 asteroid pada tahun 1998 yang pada saat itu masih berusa 18 tahun.

Gedung NASA

- Advertisement -

“Saya akan memberi mereka nama-nama ilmuwan Brasil, atau nama anggota keluarga saya, seperti ibu atau ayah,” ujar Nicole. 

Sementara itu, Heliomarzio Rodrigues Moreira selaku guru astronomi Nicole mengatakan bahwa selain berbakat, Nicole juga sangat aktif dalam membagikan ilmu dan penemuannya kepada teman-temannya.

Nicole Oliveira berada di kamarnya yang dipenuhi dengan hal-hal tentang luar angkasa (Foto: newsy today)

“Dia benar-benar memiliki mata. Dia segera melihat titik-titik dalam gambar yang terlihat seperti asteroid dan sering memberi tahu teman-teman sekelasnya ketika mereka tidak yakin mereka benar-benar menemukannya. Yang terpenting dia berbagi ilmu dengan anak-anak lain. Dia berkontribusi dalam penyebaran ilmu pengetahuan,” ujar Moreira. [hc]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you