leader

Nirina Zubir: Perjalanan Karier dari Penyiar Radio ke Aktris Film Layar Lebar

Penulis Firda Ayu
Dec 17, 2023
(Foto: instagram.com/nirinazubir_)
(Foto: instagram.com/nirinazubir_)

ThePhrase.id - Siapa yang tidak mengenal Nirina Zubir? Salah satu aktris senior Indonesia ini baru saja memerankan karakter Hana dalam film layar lebar Jatuh Cinta Seperti di Film-film yang sedang tayang di bioskop.

Memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di dunia hiburan, bagaimana sepak terjang Nirina Zubir?

Nirina memiliki nama asli Nirina Raudhatul Jannah Zubir dan lahir pada 12 Maret 1980 di Madagaskar. Ayahnya, Zubir Amin merupakan seorang diplomat senior Indonesia yang berasal dari Pariaman, Sumatera Barat.

Sebelum menjadi aktris, Nirina memulai kariernya sebagai penyiar radio di Prambors selama delapan bulan, kemudian bergabung menjadi VJ MTV Indonesia selama beberapa tahun. Sebagai VJ, perempuan dengan panggilan akrab ‘Na’ ini dikenal dengan perawakannya yang mungil dan parasnya yang mungil.

Setelah bertahun-tahun terjun ke dunia hiburan sebagai penyiar, Nirina mulai melebarkan sayap ke dunia akting saat ia berusia 23 tahun melalui film 30 Hari Mencari Cinta yang tayang pada tahun 2004.

Perannya sebagai Gwen dalam film ini sukses meraih respon positif dengan karakter yang ia perankan tidak jauh berbeda dengan sifat asli Nirina yang polos dan ceplas-ceplos. Nirina bahkan berhasil membawa pulang penghargaan Most Favourite Actress pada MTV Indonesia Movie Awards di tahun yang sama. 

Nirina Zubir  Perjalanan Karier dari Penyiar Radio ke Aktris Film Layar Lebar
(Foto: instagram.com/nirinazubir_)

Film ini membuka peluang Nirina memerankan berbagai judul film lainnya, seperti Mirror (2005), Heart (2006), Love is Cinta (2007), dan Kamulah Satu-Satunya (2007). Melalui film Heart, Nirina berperan sebagai Rachel dan beradu peran dengan Irwansyah dan Acha Septriasa.

Nirina berhasil membuktikan kualitas aktingnya pada film ini melalui nominasi maupun beberapa penghargaan yang ia dapatkan, salah satunya penghargaan dari Festival Film Indonesia 2006 untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Nama Nirina sebagai aktris makin melambung melalui perannya sebagai Maemunah pada film drama komedi Get Married (2007). Kesuksesan film ini membuatnya diproduksi hingga seri kelimanya bertajuk Get Married 5: 99% Muhrim di tahun 2015. 

Selain kedua peran ikoniknya sebagai Rachel dan Maemunah, Nirina juga kerap memamerkan kemampuan aktingnya pada film-film ternama, seperti Purple Love (2011), Hafalan Shalat Delisa (2011), Coboy Junior the Movie (2013).

Nirina Zubir  Perjalanan Karier dari Penyiar Radio ke Aktris Film Layar Lebar
(Foto: instagram.com/nirinazubir_)

Kesuksesannya dalam memerankan film komedi pada Get Married membuat Nirina kerap berperan dalam film komedi, seperti Comic 8 (2014), Shy Shy Cat (2016), 5 Cowok Jagoan: Rise of the Zombies (2017), Insya Allah Sah 2 (2018), Mendadak Kaya (2019), hingga Ali & Ratu Ratu Queens (2021).

Selain genre romantis, drama dan komedi, Nirina juga berhasil keluar dari zona nyaman aktingnya dengan perannya sebagai Marina dalam film horror Indonesia bertajuk Pesugihan: Bersekutu dengan Iblis pada tahun 2023.

Kini, akting memukau Nirina dapat disaksikan melalui film Jatuh Cinta Seperti di Film-film. Melalui film ini, Nirina berperan sebagai Hana dan beradu akting dengan Ringgo Agus Rahman. Baru diluncurkan akhir November lalu, film ini berhasil meraih respon positif dari penonton.

“Film Indonesia terbaik tahun ini, bahkan sah rasanya jadi salah satu film terbaik Indonesia sepanjang masa,” komentar salah satu pengguna Youtube pada akun Cinema XXI. [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic