politics

Nomor Urut Capres-Cawapres: Anies-Muhaimin 1, Prabowo-Gibran 2, Ganjar-Mahfud 3

Penulis Rangga Bijak Aditya
Nov 15, 2023
KPU RI tetapkan nomor urut capres-cawapres di Halaman Kantor KPU RI, Selasa (14/11/23). (Foto: Instagram/kpu_ri)
KPU RI tetapkan nomor urut capres-cawapres di Halaman Kantor KPU RI, Selasa (14/11/23). (Foto: Instagram/kpu_ri)

ThePhrase.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi telah menetapkan nomor urut pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Selasa (14/11) malam di halaman Kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor urut 1, lalu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

“Dengan demikian, nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilu tahun 2024 adalah; nomor urut satu untuk pasangan calon bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Abdul Muhaimin Iskandar,” ucap Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

“Nomor urut dua untuk pasangan calon Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka. Nomor urut tiga untuk pasangan calon Bapak Ganjar Pranowo dan Bapak Mohammad Mahfud MD,” lanjut Hasyim.

Dengan begitu, pasangan capres-cawapres yang sudah ditetapkan pada sehari sebelumnya dalam rapat pleno tertutup di Kantor KPU RI, saat ini sudah resmi menjadi peserta Pemilu 2024 dan mendapatkan nomor urut untuk dipilih masyarakat.

“Pada hari ini, Selasa tanggal 14 bulan November tahun 2023, bertempat di Jakarta, Komisi Pemilihan Umum telah melakukan pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pemilihan Umum tahun 2024,” imbuh Hasyim.

Selanjutnya tiap pasangan capres-cawapres akan menerima pengamanan dan pengawalan dari pihak kepolisian dengan total 444 personel. Dengan rincian 2 tim untuk capres dan 2 tim untuk cawapres, atau 74 personel perorang.

Sementara masa kampanye capres-cawapres akan dimulai pada tanggal 28 November 2023, berlangsung selama 75 hari hingga 10 Februari 2023. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic