ThePhrase.id - Nusantara Fashion House merupakan konsep retail untuk menampilkan produk gaya hidup dan fashion karya UMKM Indonesia. Kini rumah fashion tersebut resmi buka di Malaysia.
Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mendukung agar eskpor fashion Indonesia dapat meningkat serta semakin dikenal dan diminati oleh dunia terutama kawasan ASEAN.
Melalui Peluncuran awal (soft launching) yang digelar pada hari Jumat (3/2) di Kota Damansara, Kuala Lumpur, Malaysia menandakan kemampuan bersaing produk Indonesia di mancanegara.
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Didi Sumedi saat peluncuran awal Nusantara Fashion House (3/2). (Foto: Dok. kemendag)
Kegiatan ini sukses digelar berkat lembaga Futurist Foundation Malaysia melalui Usahawan Nusantara Ventures Sdn Bhd yang membawa fashion Indonesia untuk masuk pasar Malaysia.
“Saya mengapresiasi Futurist Foundation yang sangat jeli melihat pasar fesyen di Malaysia. Kemendag dan pemangku kepentingan lain di Indonesia membantu memfasilitasi adanya Nusantara Fashion House berjalan dengan mulus, tidak hanya saat peluncuran awal, tetapi juga untuk pengembangan dan keberlanjutan Nusantara Fashion House," jelas Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto, saat soft launching di Malaysia, Jumat (3/2).
Nusantara Fashion House sendiri merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Trade Commitment pada Jakarta Muslim Fashion Week saat Trade Expo Indonesia ke-37 tahun lalu.
Kehadiran rumah fashion ini menandakan kualitas fashion Indonesia yang mampu mengisi pasar Malaysia. Tak hanya produk fashion saja, produk kecantikan, kerajinan dan lainnya dari UMKM Indonesia berkesempatan meningkatkan ekspor produk Indonesia ke Malaysia.
Persiapan Nusantara Fashion House di Strand Mall, Petaling Jaya, Malaysia. (Foto: Instagram/nusantarafashionhouse)
Rumah fashion ini akan menempati area seluas 700 meter persegi dengan lebih dari 60 merek Indonesia yang menampilan produknya seperti fashion, aksesoris, kerajinan tangan, alas kaki, kopi dan jamu. Grand Launcing Rumah fashion di Strand Mall, Petaling Jaya, Malaysia akan digelar pada 2 Maret 2023 mendatang.
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi mengatakan, fashion Indonesia sudah banyak dilirik pasar internasional. Menurutnya produk modest fashion Indonesia kini semakin diminati. Kemendag juga terus berupaya memasarkan produk Indonesia di pasar global salah satunya adalah dengan berpartisipasi pada ajang fashion week kelas internasional.
Ia juga menambahkan, tujuh jenama modest fashion Indonesia berkesempatan untuk tampil dalam New York Fashion Week disusul disusul Paris Fashion Week dan London Fashion Week. [Syifaa]