tech

Orang Tua Wajib Tahu! Ini Tips Penggunaan Gadget untuk Anak dari Psikolog

Penulis Nadira Sekar
Dec 26, 2023
Foto: Ilustrasi Anak Bermain Gadget (dok. Samsung Indonesia)
Foto: Ilustrasi Anak Bermain Gadget (dok. Samsung Indonesia)

ThePhrase.id - Gadget telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern, termasuk penggunaanya oleh anak-anak. Meski memiliki banyak manfaat positif, menurut Pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penggunaan gadget bagi anak-anak harus dibatasi sesuai dengan usia mereka.

Untungnya, di era modern ini perangkat terbaru seperti Galaxy Tab A9+ Kids Edition telah dilengkapi dengan fitur parental control dan aplikasi edukatif Samsung Kids, yang membantu orang tua mendukung pembelajaran anak sesuai dengan batasan durasi yang direkomendasikan oleh WHO.

“Dengan pengaturan screen time dan menerapkan parental control, serta edutainment dalam Samsung Kids, orang tua dapat menyokong pembelajaran dan proses kreatif anak, sesuai batasan durasi yang optimal untuk usia mereka.” ujar Annisa Maulina, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Lantas apa saja tips yang dapat dilakukan oleh orang tua di rumah untuk mengatur penggunaan gadget untuk anak? Berikut ini tips praktis dari psikolog Putu Andani, M.Psi.!

Tetapkan Zona Bebas Gadget di Rumah

Orang tua dapat memperkenalkan aturan jelas mengenai zona bebas gadget di rumah, seperti menyimpan semua gadget saat makan bersama atau di kamar tidur. Hal ini tidak hanya mengurangi durasi screen time tetapi juga mendorong interaksi keluarga yang lebih aktif.

Berfokus pada Pentingnya Aktivitas Fisik

Selain mengatur batasan penggunaan gadget, penting untuk mendidik anak mengenai kegiatan fisik yang penting bagi kesehatan mereka. Fokuslah pada aktivitas yang bisa dilakukan bersama sebagai keluarga. Cara ini dapat membantu anak dan orangtua untuk fokus bukan hanya kepada apa yang tidak boleh dilakukan namun apa yang dapat kita lakukan bersama.

Sediakan Beragam Pilihan Aktivitas

Tawarkan berbagai kegiatan non-gadget yang menarik bagi anak, seperti bermain di luar ruangan, bermain permainan papan, atau kegiatan sensorial untuk anak usia dini. Tentu saja, ketika orang tua sudah kewalahan dan anak terlihat membutuhkan waktu rehat, gadget dapat menjadi alternatif selingan kegiatan fisik asalkan digunakan sesuai batasan waktu yang telah ditentukan pada rentang usia anak.

Gunakan Screen Time sebagai Reward

Bukan untuk digunakan setiap saat, screen time dapat dijadikan hadiah yang memotivasi anak, misalnya, diberikan setelah menyelesaikan tugas atau rutinitas harian. Namun demikian, aturan ini perlu disesuaikan dengan usia anak.

Pada Galaxy Tab A9 series, pengaturan screen time dapat dilakukan melalui Samsung Kids:

  1. Buka Samsung Kids, tap gambar tiga titik vertikal.
  2. Tap Parental controls, masukkan PIN
  3. Pilih screen time dan atur jadwal dan goal screen time yang diinginkan

Pilih Gadget dengan Fitur Edutainment

Orang Tua Wajib Tahu  Ini Tips Penggunaan Gadget untuk Anak dari Psikolog
Foto: Paket Penjualan Samsung Galaxy Tab A9+ Kids Edition (dok. Samsung Indonesia)

Saat memilih gadget, penting untuk mempertimbangkan nilai edukatifnya bagi anak. Sebagai contoh, Galaxy Tab A9+ Kids Edition dirancang khusus dengan platform edutainment Samsung Kids.

Dalam Samsung Kids, anak-anak dapat mengeksplorasi berbagai misi serta memperoleh keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis melalui permainan block coding dengan si Crocro. Mereka dapat belajar memasak bersama Si Cooki, menikmati bernyanyi dan menari bersama band musik si Lisa, serta mengasah kreativitas artistik di kanvas si Bobby menggunakan crayon stylus dengan desain seperti pensil crayon berwarna biru. Selain itu, tablet ini dilengkapi dengan puffy case untuk perlindungan tambahan dari benturan.

Bangun Interaksi Orang Tua-Anak

Interaksi antara orang tua dan anak memiliki peran penting dalam perkembangan kognitif, akademik, sosial, dan emosional anak. Interaksi positif ini sejak dini dapat memengaruhi perkembangan otak anak, membangun ikatan yang kuat dan positif, serta mempersiapkan anak secara lebih baik dalam meraih prestasi di sekolah.

Ketika anak menggunakan gadget, orang tua dapat memperkuat interaksi dengan mendampingi mereka saat menggunakan perangkat digital. Galaxy Tab A9+ Kids Edition menyediakan fitur multi-window yang memungkinkan orang tua dan anak menggunakan tablet bersama. Layar berukuran 11 inci memungkinkan tampilan lebih dari satu layar yang luas dan nyaman untuk digunakan. Sebagai contoh, sambil membantu anak menjelajahi tugas sekolahnya, orang tua dapat tetap mendengarkan musik.

Aktivasi kontrol orang tua (parental control) juga menunjukkan perhatian dan kepedulian orang tua terhadap keamanan anak. Hal ini bukanlah sekadar pembatasan, melainkan upaya untuk melindungi anak dari konten-konten berbahaya. Dengan fitur ini, orang tua dapat memeriksa riwayat penelusuran dan aplikasi yang terpasang untuk memastikan keselamatan anak.

Galaxy Tab A9+ Kids Edition, dengan fitur-fitur yang mendukung keamanan dan pembelajaran anak, dapat menjadi pilihan yang tepat bagi orang tua. Namun, keputusan penggunaan gadget pada anak tetap memerlukan penyesuaian dengan kebutuhan dan pertimbangan masing-masing.

[nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic