regional

Orchid Forest Cikole, Surganya Pecinta Tanaman Anggrek

Penulis Ashila Syifaa
Nov 17, 2023
Orchid Forest Cikole. (Foto: wonderfulimages.kemenparekraf.go.id)
Orchid Forest Cikole. (Foto: wonderfulimages.kemenparekraf.go.id)

ThePhrase.id - Bagi para pecinta tanaman anggrek, Orchid Forest Cikole menjadi salah satu destinasi wisata pilihan yang menawarkan pemandangan indah dengan ratusan koleksi bunga anggrek dan beragam daya tarik lainnya.

Taman wisata Orchid Forest Cikole terletak di daerah Lembang, Bandung, tepatnya di Jalan Anyar No. 49, Cikole. Taman ini berjarak sekitar sembilan kilometer dari pusat keramaian Lembang dan 20 kilometer dari Kota Bandung.

Orchid Forest Cikole didirikan pada tahun 2017, menawarkan pengalaman wisata alam pinus dengan lebih dari 20.000 tanaman anggrek yang tumbuh dengan indah. Taman ini merupakan salah satu co-brand Wonderful Indonesia yang memiliki konsep nomadi tourism terbaik versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2019.

Koleksi anggrek di taman ini berasal dari berbagai negara di dunia, mulai dari Argentina, Venezuela, Filipina, hingga dari Indonesia sendiri. Orchid Forest Cikole tidak hanya menjadi surga bagi para pecinta tanaman anggrek, tetapi juga menjadi tempat wisata yang cocok bagi keluarga yang membawa anak kecil atau mencari udara segar.

Selain keindahan alam dan bunga anggrek yang dapat dinikmati, taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia termasuk restoran dengan menu lengkap, area parkir luas, toko oleh-oleh, dan layanan shuttle bus untuk mengantar pengunjung ke tempat parkir.

Orchid Forest Cikole  Surganya Pecinta Tanaman Anggrek
Sky Brigde Orchid Forest Cikole. (Foto: wonderfulimages.kemenparekraf.go.id)

Beberapa area bermain khusus anak-anak juga disediakan, seperti Rabbit Forest, Horse Ranch, dan Orchid Castle. Sementara itu, kegiatan yang cocok untuk orang dewasa seperti bersantai di Teras Paphio hingga bermain mini golf.

Para pecinta tanaman anggrek dapat menjelajahi ribuan koleksi anggrek berbagai jenis di Orchid House. Di sini, pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan, tetapi juga memperdalam pengetahuan tentang setiap jenis anggrek mulai dari keunikan hingga cara perawatannya.

Tentu saja, Orchid Forest Cikole juga menjadi destinasi yang Instagramable dengan banyak spot estetik dan cantik. Salah satunya adalah Sky Bridge, jembatan kayu yang menggantung di antara pohon. Selain itu, ada juga Garden of Light yang bersinar di malam hari, di mana pengunjung dapat berfoto sambil menikmati gemerlap lampu indah Orchid Forest Cikole.

Selain itu, destinasi wisata ini menawarkan berbagai kegiatan seru seperti berkuda, treking, dan camping. Hutan Anggrek Cikole beroperasi dari Senin hingga Jumat mulai pukul 09.00-18.00 WIB, sedangkan pada Sabtu dan Minggu buka pukul 08.00-19.00 WIB. Tiket masuk untuk wisatawan domestik seharga Rp40.000 dan untuk wisatawan internasional Rp100.000. Harga tersebut belum termasuk biaya tambahan seperti biaya parkir dan asuransi LHI Perhutani. [Syifaa]

 
Related News
Popular News
 

News Topic