
ThePhrase.id – Otoki Corporation resmi memasarkan JIN Ramen bersertifikasi halal di Indonesia. Hal ini menjadi langkah besar Otoki dalam menjajaki pasar Indonesia sebagai negara dengan konsumsi mi instan terbesar kedua di dunia.
Setelah memperoleh sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Desember 2024, Otoki menyelesaikan proses perizinan impor pada awal Agustus dan mulai mendistribusikan produk secara nasional pada November 2025 melalui jaringan hypermarket dan supermarket besar di seluruh Indonesia.
Sebelumnya, Otoki telah memperkenalkan desain kemasan global terbaru untuk JIN Ramen serta meluncurkan program promosi internasional bertajuk “Jinjja Love, JIN Ramen” yang menampilkan Jin BTS sebagai global ambassador.
Mengusup konsep ala K-Drama, promosi ini menampilkan Jin BTS dengan pesan “I really miss you”, menggambarkan kehangatan dan kenikmatan rasa Jin Ramen. Video promosi ini tayang di kanal resmi Otoki di YouTube, Instagram, dan TikTok.
Dengan besarnya basis penggemar BTS di Indonesia, kolaborasi JIN Ramen dan Jin BTS berhasil memicu antusiasme tinggi dari para konsumen lokal, terutama kalangan muda yang akrab dengan budaya Korea.
Melanjutkan momentum tersebut, Otoki kini semakin gencar melaksanakan strategi pemasaran, baik secara online maupun offline. Pada semester kedua tahun ini, Otoki menggelar food tasting di sejumlah supermarket premium seperti Ranch Market dan Farmers Market, serta memperluas penjualan produk mereka melalui Shopee dan TikTok Shop.
Untuk memperkenalkan JIN Ramen, Otoki juga akan memanfaatkan kanal live commerce serta menggandeng lebih dari 100 influencer populer untuk mempererat hubungan dengan konsumen Indonesia.
Selain JIN Ramen, Otoki juga memperkenalkan tiga varian Cheesy Ramen yang juga telah bersertifikasi halal. Cheesy Ramen yang dibawa ini telah dirancang khusus sesuai dengan selera lokal untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
"Indonesia merupakan pasar yang sangat strategis bagi bisnis global kami. Melalui JIN Ramen dan Cheesy Ramen yang telah bersertifikasi halal, kami ingin menghadirkan cita rasa dan kualitas yang menjadi ciri khas Otoki. Kami akan terus memperluas jangkauan distribusi produk dan mempererat komunikasi dengan konsumen lokal guna memastikan kesuksesan kami di pasar Indonesia." ujar salah satu eksekutif Otoki. [fa]