Foto: Antrean Pembelian BTS Meal di McDonalds (dok. Thephrase.id)
ThePhrase.id - Menjadi trending di media sosial, idaman semua produk yang beredar di pasaran. Karena dengan menjadi perbincangan netizen, produk akan digandrungi dan selanjutnya laris manis dibeli konsumen. Apalagi produk baru yang menguras anggaran promosi yang fantastis.
Begitulah target manajemen perusahaan raksasa makanan cepat saji McDonald saat membidani produk baru di medio 2021 ini. Perusahaan waralaba asal Amerika Serikat (AS) ini, berani menggandeng selebritas papan atas boyband K-pop, BTS. Dengan mengusung nama BTS, produknya akan mencatat penjualan yang besar.
Namun melalui produk baru yang diluncurkan di Indonesia pada Rabu, (9/6) McDonald's seolah kejatuhan bulan. Seluruh outlet terpaksa ditutup sementara, karena konsumen yang datang membludak. Seluruh aplikasi pemesanan online pun menolak orderan yang beruntun akibat layanan di seluruh outlet over demand.
Alhasil, McDonald's yang dalam beberapa tahun terakhir berjuang menahan gempuran persaingan produk sejenis, kini berjibaku mengelola panic buying konsumen pada produk Paket BTS.
Brand McDonald's yang mulai redup, kembali melambung popularitasnya bersama BTS. McDonald's meninggalkan popularitas pemain lawas lainnya seperti KFC dan AW atau pemain restoran ayam cepat saji lain yang masih tertatih melawan gencarnya produk fried chicken rumahan.
Paket BTS atau BTS Meal yang ditawarkan McDonald’s meliputi 9 potong Chicken McNuggets®, Medium World Famous Fries®, Medium Coke®, dan saus celup Sweet Chili dan Cajun yang terinspirasi oleh resep populer dari McDonald’s Korea Selatan.
Di negara asal McDonald's, paket BTS meals ini sudah dipasarkan sejak 26 Mei 2021 lalu dan menyusul di negara lain. McDonald's Indonesia termasuk terlambat. Mungkin ini yang memicu rasa penasaran konsumen termasuk para penggemar BTS di Indonesia.
Tak hanya dari penggemar, banyak tokoh populer turut mengikuti animo pembelian paket BTS Meal tersebut. Bahkan chef terkenal yang menjadi juri di ajang kompetisi memasak di Indonesia, Arnold Poernomo, Renatta Moeloek, dan Juna turut membeli paket BTS meal ini. Dalam cuitannya, Arnold menulis "Dah gini doang?" sambil menunjukan Gelas kertas berwarna ungu dan sepotong nugget.
Gelombang dahsyat pemesanan paket BTS Meal McDonald's di hari peluncuran berakhir dengan penutupan seluruh gerai, karena dinilai menimbulkan kerumunan massa yang melanggar prokes pandemi Covid 19. Tetapi tidak dipungkiri animo konsumen yang datang bak air bah sangat mungkin mengakibatkan McDonald's kehabisan pasokan bahan baku, karena pemesanan di luar prediksi manajemen, meski telah menjadi trending dalam beberapa hari terakhir
Dengan membludaknya pesanan BTS Meal tersebut, penggemar McD menerima kritik dari banyak kalangan. Namun, fans BTS yang biasa dikenal dengan sebutan ARMY ini menunjukkan rasa pedulinya terutama terhadap para driver ojek online. Melalui akun @army_indonesiaa, penggemar BTS telah membuka donasi yang akan diserahkan kepada para driver ojek online. Hingga 9 juni 2021 pukul 19.30, akun media sosial penggemar BTS tersebut telah berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 50 juta.
Akankah McDonald's berhasil mengelola popularitas dadakan tersebut dan bertahan sebagai pemenang dalam bisnis ayam cepat saji? Ataukah gelombang itu hanya euforia sesaat. Kita tunggu saja.