sport

Pembukaan Piala Dunia U-17 2023 di JIS Tidak Boleh Terlalu Spektakuler, Mengapa?

Penulis Ahmad Haidir
Aug 10, 2023
Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta. Foto: JIS (PSSI)
Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta. Foto: JIS (PSSI)

Thephrase.id - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memastikan pembukaan Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta tidak akan terlalu meriah. Apa penyebabnya?


Erick Thohir mengungkapkan opening ceremony Piala Dunia U-17 2023 yang rencananya berlangsung pada 10 November 2023 tidak bisa sebesar Piala Dunia yang pada tahun lalu digelar di Qatar.


"Pembukaan Piala Dunia U-17 2023 di JIS. Tapi, pembukaan jangan terus dikonotasikan seperti Piala Dunia. Jadi tidak sebesar itu," beber Erick Thohir.


Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo juga sepemahaman dengan Erick Thohir. Menurutnya, FIFA melarang pembukaan Piala Dunia U-17 lebih mewah daripada Piala Dunia level senior.


"Tadi Pak Erick Thohir menyampaikan karena ini Piala Dunia U-17 2023, maka ada aturan dari FIFA tidak boleh terlalu spektakuler," tegas Dito.


"Jadi ada aturan tersendiri setiap level baik Piala Dunia U-17, U-20, dan senior," lanjut pria berusia 32 tahun yang baru menggantikan Zainudin Amali sebagai Menpora tersebut.

Pembukaan Piala Dunia U 17 2023 di JIS Tidak Boleh Terlalu Spektakuler  Mengapa
Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta. Foto: JIS (PSSI)

"Dari jumlah penonton dan sepertinya dari konten kemeriahan acaranya juga dicek FIFA. Saya belum mendapatkan detail dari FIFA. Yang pasti, dijaga betul agar tidak begitu spektakuler," tambahnya.


Sementara itu, Erick Thohir menjelaskan hasil dari kesepakatannya dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, akses JIS akan ditambah untuk Piala Dunia U-17 2023.


"Kami waktu meninjau bersama Pak Gubernur DKI dan menyatakan aksesnya memang saat itu satu. Makanya sekarang kami tambahkan menjadi tiga akses," ungkap Erick Thohir.


"Satu jembatan penyeberangan ke Ancol, kedua akses ke jalan tol, dan yang ketiga akses menuju ke kereta api. Yang kereta api tadi disampaikan perlu waktu lebih dari November 2023," tambahnya.


"Karena ini keselamatan, dan nanti ini dipakai juga untuk Piala Dunia U-17 2023, jadi akses yang kereta api pasti kita akan selesaikan. Jadi nanti kita mempunyai empat akses. Yang satu di tengah yang sudah ada, ditambah akses tambahan," tutupnya.

 
Related News

Popular News

 

News Topic