
ThePhrase.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat penjualan tiket kereta api selama masa Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 terus mengalami peningkatan. Hingga 15 Desember 2025 pukul 08.00 WIB, sebanyak 1.441.421 tiket telah terjual.
Jumlah tersebut setara dengan 41,1 persen dari total 3.506.104 tempat duduk yang disiapkan KAI untuk melayani mobilitas masyarakat selama periode angkutan Nataru yang berlangsung pada 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026. Angka penjualan ini diperkirakan masih akan terus bertambah seiring mendekatnya puncak libur akhir tahun.
Vice President Corporate Communication KAI Anne Purba mengatakan bahwa tren peningkatan penjualan sejalan dengan kebiasaan masyarakat yang cenderung memantapkan rencana perjalanan menjelang libur Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu, tingkat keterisian kereta api masih berpotensi terus meningkat dalam beberapa hari ke depan.
Berdasarkan jenis layanan, kereta api jarak jauh menjadi pilihan utama pelanggan. Hingga pertengahan Desember, penjualan tiket kereta api jarak jauh tercatat mencapai 1.381.538 tiket atau sekitar 50,0 persen dari total kapasitas 2.761.048 tempat duduk.
Sementara itu, penjualan tiket kereta api lokal masih relatif rendah dengan jumlah 59.883 tiket atau sekitar 8,0 persen dari kapasitas 745.056 tempat duduk. Anne menjelaskan bahwa kondisi tersebut dipengaruhi oleh kebijakan pemesanan tiket kereta api lokal yang baru dapat dilakukan tujuh hari sebelum jadwal keberangkatan.
“KAI memproyeksikan okupansi kereta api lokal akan meningkat secara bertahap seiring mendekatnya hari keberangkatan, mengikuti karakter perjalanan masyarakat yang cenderung merencanakan perjalanan jarak dekat dalam waktu yang lebih singkat,” jelas Anne.
Dari sisi okupansi harian, KAI mencatat tingkat keterisian tertinggi sementara terjadi pada Minggu, 28 Desember 2025 atau H-11 libur Tahun Baru, dengan okupansi mencapai 60,3 persen. Angka ini masih bersifat dinamis dan berpotensi terus bertambah hingga masa angkutan berakhir.
KAI pun mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan sejak dini dan melakukan pembelian tiket melalui aplikasi Access by KAI. Perencanaan lebih awal diharapkan dapat membantu pelanggan memperoleh jadwal perjalanan dan layanan yang sesuai kebutuhan selama libur Natal dan Tahun Baru.
Berdasarkan data sementara, berikut sepuluh kereta api jarak jauh yang menjadi favorit pelanggan selama periode Nataru 2025/2026:
1. KA Airlangga (Pasarsenen–Surabaya Pasar Turi): 26.721 pelanggan
2. KA Airlangga (Surabaya Pasar Turi–Pasarsenen): 26.185 pelanggan
3. KA Sri Tanjung (Ketapang–Lempuyangan): 21.577 pelanggan
4. KA Sri Tanjung (Lempuyangan–Ketapang): 21.008 pelanggan
5. KA Kahuripan (Kiaracondong–Blitar): 20.153 pelanggan
6. KA Bengawan (Pasarsenen–Purwosari): 20.052 pelanggan
7. KA Bengawan (Purwosari–Pasarsenen): 19.698 pelanggan
8. KA Kahuripan (Blitar–Kiaracondong): 19.267 pelanggan
9. KA Rajabasa (Kertapati–Tanjungkarang): 19.245 pelanggan
10. KA Rajabasa (Tanjungkarang–Kertapati): 19.099 pelanggan
[nadira]