ThePhrase.id - Penyelenggaraan perdana Halal Indonesia International Industry Expo (Halal Indo) 2024 berhasil menorehkan catatan positif sebagai ajang promosi industri halal di Indonesia dan menggali peluang bisnis guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.
Halal Indo 2024 resmi berakhir pada hari Minggu (29/9) berlangsung selama empat hari mulai tanggal 26-29 September 2024 di Hall 9 dan 10, ICE BSD City, Tangerang.
Event yang bertujuan untuk mempromosikan industri halal ini menyuguhkan beragam produk dan layanan halal dari berbagai pelaku usaha. Lebih dari 300 peserta dari berbagai sektor halal hadir di pameran ini, mulai dari makanan dan minuman, fesyen muslim, kosmetik, hingga layanan halal lainnya.
Pameran Halal Indo 2024 berhasil menarik minat 12.280 pengunjung dan dihadiri oleh berbagai stakeholder, mulai dari pelaku usaha kecil, menengah hingga korporasi besar dan masyarakat umum yang mencari produk halal berkualitas.
Selama empat hari berturut-turut, Halal Indo 2024 menjadi platform strategis untuk menghubungkan pelaku usaha dengan konsumen, serta berkontribusi dalam memperkuat jaringan distribusi dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya memahami aspek-aspek produk halal dalam perekonomian global.
Tak hanya sebagai pameran saja, acara ini juga menyediakan agenda kegiatan menarik seperti talk show dan workshop mengenai pemahaman aspek-aspek halal dalam industri, perkembangan industri halal dan strategi pemasaran produk halal oleh para pakar dan influencer seperti Zaskia Mecca, Ricky Harun, Khalid Basalamah, dan Nasihat Ayah. Selain itu, terdapat juga penampilan musik oleh para guest star, seperti Idgitaf dan Feby Putri yang meningkatkan daya tarik pengunjung untuk hadir ke acara ini.
Berbagai influencer yang hadir dalam acara ini, membagikan pengalaman menariknya. Salah satunya Nadhea Tanjung, yang sekaligus sebagai narasumber talk show. “Saya sangat terkesan dengan Halal Indo 2024, terlebih ini merupakan tahun pertamanya mengadakan acara ini. Banyak sekali booth yang tersedia mulai dari kosmetik, makanan dan minuman, fashion serta berbagai produk lainnya. Peluang industri halal di Indonesia sangat besar karena masyarakat Indonesia mayoritas muslim, pastinya produk halal akan selalu menjadi sasaran utama masyarakat Indonesia. Sehingga industri halal ini akan terus berkembang pesat kedepannya,” ujarnya.
Keberlanjutan adalah salah satu fokus utama Halal Indo 2024. Pameran ini membuka peluang bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan produk yang sesuai dengan standar kehalalan. Semakin meningkatnya permintaan untuk produk halal yang berkualitas, industri halal memiliki potensi untuk tumbuh secara berkelanjutan dan mendorong inovasi di berbagai sektor.
Rizki Pahrudi selaku Project Manager Halal Indo 2024 mengungkapkan pameran Halal Indo 2024 merupakan langkah penting dalam mendorong pertumbuhan industri halal dan memperkenalkan produk halal berkualitas kepada masyarakat. “Kami berharap acara ini dapat menjadi momentum bagi pertumbuhan industri halal yang lebih pesat lagi, serta acara ini dapat kami lanjutkan di tahun mendatang,” ucapnya.
Kesuksesan acara ini tidak luput dari para partner yang telah mendukung terselenggaranya pameran Halal Indo: strategic partner APP Group, Aqua dan Dexa Group, official beauty partner Wardah serta official community partner Indonesian Fashion Chamber. [Syifaa]