regional

Peringati Hari Pahlawan, Parade Juang Surabaya Diusulkan Jadi Event Nasional

Penulis Ashila Syifaa
Nov 09, 2023
Parade Juang 2023 Kota Surabya. (Foto: surabaya.go.id)
Parade Juang 2023 Kota Surabya. (Foto: surabaya.go.id)

ThePhrase.id - Setiap tahunnya, Kota Surabaya menggelar Parade Juang untuk memperingati Hari Pahlawan yang selalu dinantikan oleh masyarakat dengan antusias. Acara tahunan ini bertujuan untuk mengingat jasa para pahlawan yang gugur dalam pertempuran 10 November 1945. 

Pada tahun 2023 ini, Kota Surabaya telah sukses menggelar Parade Juang pada Minggu, 5 November 2023. Parade yang dimulai dari Tugu Pahlawan dan finish di Balai Kota menampilkan teatrikal perang 10 November 1945 yang diikui oleh 7.000 lebih peserta.

Parade Juang Surabaya tak pernah gagal untuk membangkitkan semangat juang masyarakat mengingat kejadian 10 November yang mengugurkan pahlawan demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Sepanjang parade, jalanan dipenuhi oleh masyarakat yang antusias menyambut pertunjukan teatrikal perang. Selain pertunjukan teatrikal perang 10 November, terdapat juga teatrikal Pertempuran Mulyorejo, dan Pertempuran Kedung Klinter.

Lengkap dengan kostum, aksesoris senjata hingga mobil yang dihiasi bendera Inggris, pertunjukan tersebut menggambarkan kegigihan masyarakat Surabaya melawan tentara Inggris.

Parade Juang Menjadi Event Nasional

Peringati Hari Pahlawan  Parade Juang Surabaya Diusulkan Jadi Event Nasional
Penampilan treatikal perang 10 November.  (Foto: Instagram/Surabaya)

Melihat antusiasme masyarakat, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah mendaftarkan Parade Juang ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 agar dapat selalu diingat dan menjadi acara dalam tingkat nasional.

Ia berharap dengan masuknya gelaran ini dalam KEN 2023 dapat semakin menarik minat masyarakat untuk datang dan berkunjung ke Kota Surabaya. Sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Surabaya. 

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan Parade Juang telah memasuki tahap verifikasi di Pemerintah Provinsi Jawa Timur setelah itu diusulkan ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Tahun depan kita coba usulkan yang lain. Tahun kemarin kan kita sudah masukkan Festival Rujak Uleg, tahun depan ini untuk yang Parade Surabaya Juang,” jelas Wiwiek dilansir dari laman Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur.

Rangkaian Acara Peringatan 10 Novemer

Selain Parade Juang, tahun ini Pemerintah Kota Surabaya menggelar berbagai macam acara untuk memperingati Hari Pahalawan pada 10 November yang dirangkai dalam Soerabaja Heroic Days 2023.

Soerabaja Heroic Days 2023 telah dimulai sejak 3 November 2023 dengan Kota Night at The Museum di Tugu Pahlawan, Parade Juang pada 5 November 2023. Selanjutnya akan digelar Photo Exhibition yang digelar pada 3-15 November 2023 di Basement Alun-Alun Surabaya. [Syifaa]

 

Tags Terkait

 
Related News
Popular News
 

News Topic