leader

Perjalanan Regina Pranata Bangun BIYU, Skincare Ramah Kulit Sensitif yang Lahir dari Pengalaman Pribadi

Penulis Firda Ayu
Jun 15, 2025
(Foto: biyu.co.id)
(Foto: biyu.co.id)

ThePhrase.id – Regina Pranata bukanlah nama asing bagi para pencinta skincare, terutama mereka yang memiliki jenis kulit sensitif. Sebagai pendiri sekaligus CEO dari BIYU, Regina berhasil mengubah pengalaman pribadinya yang penuh tantangan menjadi sebuah brand skincare ramah kulit sensitif yang dipercaya ratusan ribu orang di Indonesia. 

Regina Pranata tidak pernah membayangkan bahwa perjalanan panjangnya menghadapi kulit sensitif akan membawanya menjadi salah satu sosok penting di industri skincare Indonesia. 

Lewat BIYU, merek yang didirikannya pada 2019, Regina tidak hanya berbagi solusi bagi pemilik kulit sensitif. Ia juga membagikan kisah personalnya dalam menghadapi kondisi tersebut, yang ternyata sangat relate dengan banyak orang.

Semuanya berawal dari pengalaman pribadinya saat tinggal di Boston. Saat itu, ia sedang melanjutkan pendidikannya pada bidang akuntansi dan kewirausahaan dengan berbagai prestasi akademik yang ia miliki. 

Tapi di balik prestasi akademik itu, Regina harus berjibaku dengan perubahan cuaca ekstrem yang membuat kondisi kulitnya memburuk. 

Selama hampir lima tahun, ia mencoba berbagai produk skincare dari yang terjangkau hingga yang cukup merogoh kocek mahasiswa, hanya untuk menemukan produk yang cocok untuk kulitnya yang super sensitif.

Perjalanannya dimulai pada 2014, saat kulitnya mengalami iritasi parah, beruntusan, dan terasa perih setiap kali menggunakan produk apapun. Di tahun 2015, ia memutuskan untuk berhenti memakai terlalu banyak produk dan mulai merawat kulitnya hanya dengan face wash, sunscreen, dan moisturizer. 

Perjalanan Regina Pranata Bangun BIYU  Skincare Ramah Kulit Sensitif yang Lahir dari Pengalaman Pribadi
(Foto: instagram.com/prestigeindonesia)

Tahun demi tahun berlalu, dan perlahan kulitnya mulai membaik. Di 2016, bump kecil di dahi dan pipi masih ada, tapi Regina mulai lebih percaya diri. Pada 2017, ia mulai meninggalkan makeup dan fokus ke skincare yang memang dibutuhkan kulitnya saja. 

Tahun 2018 dan 2019 menjadi momen penting di mana kondisi kulitnya jauh lebih sehat dan glowing—bukan karena produk mahal semata, tapi juga karena gaya hidup yang ia benahi, tidur lebih teratur dan rajin konsumsi buah serta vitamin.

Regina menyadari satu hal penting: kulit sehat bukan datang dari tren atau produk yang “sempurna” ataupun yang viral, tapi dari pemahaman mendalam akan kebutuhan kulit masing-masing. Keyakinan inilah yang akhirnya menjadi fondasi Regina mendirikan BIYU di tahun 2019.

BIYU hadir bukan hanya sebagai merek yang menjual produk, tapi juga sebagai sahabat perjalanan kulit sensitif. 

“Jadi, di BIYU, aku ingin membantu orang-orang dalam perjalanan mengertahui kebutuhan kulit mereka sendiri,” ungkap Regina pada laman BIYU.

Produk-produk BIYU diformulasikan dengan bahan alami yang lembut namun tetap efektif. Regina menciptakan produk yang tak hanya aman untuk kulit sensitif, tapi juga dapat digunakan oleh ibu hamil, ibu menyusui, hingga pemilik berbagai jenis kulit lainnya.

Bersama tim yang juga punya pengalaman pribadi dengan kulit sensitif, Regina berkomitmen membuat produk yang tidak hanya memberi hasil nyata, tapi juga memberikan rasa tenang saat dipakai. 

Berbagai produk yang ia buat di BIYU juga cukup beragam, mulai dari Invisible Physical Sunscreen SPF 30 PA+++ hingga Oil Control Cleanser dan Sebum Solutions Toner. Semua produk ini dirancang untuk bisa digunakan pemilik kulit sensitif dari pagi sampai malam.

Meski telah mengalami perjalanan panjang dengan kulit sensitifnya, Regina tak menyerah. Di tahun 2023 ia melakukan rebranding pada BIYU dengan logo dan nuansa oranye. Melalui pembaruan in, Regina ingin BIYU bukan sekadar produk, tapi sebuah gerakan untuk memahami kulit dengan lebih personal. 

Tak heran jika pencapaiannya kemudian mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Regina berhasil masuk dalam daftar Prestige 40 Under 40, penghargaan prestisius yang menjadi pengakuan atas dedikasi, inovasi, dan semangatnya dalam membangun BIYU dari nol hingga menjadi merek tepercaya.

Namun bagi Regina, semua ini baru permulaan. Ia masih terus mengembangkan BIYU menjadi solusi skincare menyeluruh yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat. [fa]

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic