ThePhrase.id – Sebagai bentuk dukungan terhadap ekonomi nasional dan ekosistem halal lifestyle, Wahyu Promo Citra kembali menggelar Halal Fair series go to Halal Indonesia Expo (HIEX) 2023, pameran produk dan gaya hidup halal paling menginspirasi di Tanah Air.
Acara ini terselenggara karena ekosistem halal di Indonesia terus mengalami eskalasi dan menciptakan tren yang menjanjikan. Selain itu, banyak dari masyarakat yang kini menjalani gaya hidup halal atau halal lifestyle bukan hanya karena perintah ajaran Islam, melainkan kesadaraan akan manfaat kebaikan yang besar bagi kehidupan (toyiban).
Data Indonesia Halal Market Report pada tahun 2021/2022 mengungkap bahwa Indonesia merupakan pasar konsumen halal terbesar dunia dengan nilai konsumsi produk halal mencapai 184 miliar dolar AS pada tahun 2022.
Presscon Halal Fair Series (5/4) (Foto: Istimewa)
Indonesia juga memiliki potensi besar dalam mengelola peluang industri halal baik di kancah regional, nasional dan global. Hal ini karena jumlah penduduk muslim di Indonesia yang mencapai 209,1 juta jiwa dan mewakili 12,1 persen total populasi muslim dunia.
Selain itu, Bank Indonesia (BI) juga mengungkap kontribusi ekonomi syariah terhadap PDB nasional mencapai total US$5,1 miliar, salah satunya dipengaruhi oleh ekspor produk halal.
Sejak digelar tahun 2019, Halal Fair Series ini telah dikunjungi sebanyak 47 ribu pengunjung. Tahun ini, Halal Fair Series akan digelar di 3 kota secara simultan, yaitu Halal Fair di Istora GBK (4-6 Agustus), Jogja Expo Centre (27-29 Oktober), dan HIEX ICE BSD Tangerang (8-10 Desember).
Dengan menargetkan 90 ribu pengunjung, Halal Fair Series menghadirkan 550 exhibitor dari berbagai sektor bisnis produk halal, di antaranya kuliner, fashion, kosmetik, financial, obat-obatan (herbal nabawi), pariwisata, healthcare, travel umroh, properti dan pendidikan.
“Hadirnya HIEX dan Halal Series, kami harap dapat membangkitkan dan memaksimalkan potensi industri halal di Indonesia, selain tentunya menjadi ajang edukasi, sosialisasi sekaligus implementasi tuntunan Halal Lifestye sesuai Sunnah Nabi,” ungkap Direktur Utama Wahyu Promo Citra, Kiky Saputra dalam konferensi pers Halal Fair Series di Jakarta, Rabu (5/4).
Presscon Halal Fair Series (5/4) (Foto: Istimewa)
Diselenggarakan dengan tagline “The Most Inspiring Halal Event”, Halal Fair Series siap menyuguhkan rangkaian program acara menarik dan menginspirasi mulai dari parenting talkshow, muslimah inspiring talk, one stop halal certification, cooking & baking live show hingga sharia wedding talk.
Wahyu Promo Citra selaku penyelenggara juga melibatkan berbagai elemen komunitas muslim pecinta hobi, komunitas penggemar kuliner hingga sport enthusiast untuk saling berbagi inspirasi. Pengunjung pameran ini juga dapat mengkaji halal lifestyle secara mendalam melalui segmen halal talks dari asatidz kenamaan.
HIEX dan Halal Series 2023 ini mendapat dukungan dari Kemenparekraf, Perkumpulan Komunikasi Sekolah Sunnah Indonesia (ASESI), Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta.
Acara ini juga dihadiri oleh Asosiasi Pengusaha Herbal Muslim Indonesia (APHMI), Asosiasi Property Syariah Indonesia (APSI), Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI), dan Asosiasi Muslim Start-up Indonesia (AMSI).
“Bagi masyarakat yang sudah mempraktikkan halal lifestyle, juga perlu terus mengikuti perkembangan informasi seputar produk-produk halal dan standarisasinya agar gaya hidup halal tak hanya sekadar jargon tapi benar-benar dapat membawa berkah bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya,” ujar Ketua MES DKI Jakarta, Tito Maulana.
Dalam acara Press Conference dan Ifthar bersama Halal Series, Ustadz Nizar Saad Jabal menjabarkan lebih dalam makna gaya hidup halal melalui bahasan “Yang Halal Lebih Banyak Dari Yang Haram”. Ia mengungkap bahwa sudah seharusnya umat muslim menjadi yang terdepan dan memberikan teladan bagi implementasi gaya hidup halal. [fa]