ThePhrase.id - Dalam menjalani karier, ada banyak hal-hal kecil yang sering diabaikan namun ternyata memiliki dampak besar terhadap kesuksesan kita di tempat kerja. Hal-hal sederhana ini dapat menjadi kunci yang mencerminkan profesionalitas hingga membantu kita membangun hubungan profesionalitas yang positif dengan rekan kerja.
Hal apa sajakah yang perlu kita perhatikan lebih dalam agar karier dapat berkembang lebih baik? Simak 8 hal kecil tersebut melansir Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, @kemnaker berikut ini.
Ucapan “tolong”, “maaf”, dan “terima kasih” merupakan salah satu hal yang kerap dianggap remeh, namun memiliki dampak besar bagi kariermu. Kata-kata tersebut dapat menjadi kata ‘sakti’ dan bentuk penghargaan terhadap rekan kerja.
Mengucapkan kata-kata ini secara konsisten juga dapat mencermikan rasa sopan, menghargai yang mampu meningkatkan hubungan baik antar rekan kerja maupun atasan.
Membiasakan tepat waktu saat janjian untuk bertemu rekan kerja maupun deadline pekerjaan juga menjadi hal yang kerap dianggap sepele namun berdampak besar bagi karier.
Selalu tepat waktu menjadi bentuk penghargaan terhadap waktu dari orang lain maupun rekan kerja. Konsisten tepat waktu juga membuatmu memiliki reputasi profesional yang baik hingga menunjukkan keseriusanmu dalam mengerjakan pekerjaan.
Mengingat nama orang lain, seperti rekan kerja maupun klien juga dapat menjadi salah satu bentuk penghormatan yang berdampak pada karier. Selain mencermikan rasa hormat, mengingat nama mereka juga menunjukkan bahwa kamu memperhatikan dan menganggap mereka penting.
Hal ini tentu dapat membantumu membangun hubungan yang lebih akrab dengan rekan kerja maupun klien.
Banyak orang yang merasakan lebih dihargai dan diperhatikan jika lawan bicaranya menatap mereka ketika sedang berbicara. Meski kerap dianggap sepele, hal ini merupakan salah satu bentuk penghargaan dan perhatian terhadap rekan kerja yang berdampak pada kariermu, terutama dalam hubungan antar rekan kerja.
Kemampuan mendengarkan yang baik juga merupakan skill yang berharga dalam dunia kerja. Kamu perlu menyimak dengan sungguh-sungguh informasi maupun instruksi yang disampaikan oleh rekan kerja maupun atasan.
Selain merupakan bentuk hormat terhadap lawan bicara, mendengarkan sampai tuntas juga mengurangi kesalahpahaman komunikasi antar rekan kerja.
Lingkungan kerja yang ‘hangat’ dan ‘nyaman’ dapat membuat pekerja betah dan mampu mengerjakan berbagai pekerjaan dengan lebih nyaman. Salah satu yang dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan positif ini adalah menyapa rekan kerja dengan senyuman dan salam.
Selain menciptakan lingkungan positif, hal ini juga dapat meningkatkan keakraban antar rekan kerja.
Meja kerja dan penampilan yang rapi dapat menunjukkan profesionalitas dan kedisiplinan kita dalam bekerja. Oleh karena itu, meski kerap dianggap sebagai hal sepele, luangkan sedikit waktu kerja untuk merapikan meja dan pastikan untuk mengenakan pakaian kerja yang sopan dan rapi.
Berkontribusi aktif saat meeting atau rapat juga dapat mencerminkan profesionalitas kerja kita. Oleh karena itu, tuangkan pendapat, ide, maupun saran saat meeting. Selain mencerminkan profesionalitas, hal ini juga dapat menunjukkan keterlibatan serta antusiasme kita terhadap pekerjaan. [fa]