lifestyle

Perlukah Menggunakan Sunscreen saat Musim Hujan?

Penulis Ashila Syifaa
Feb 03, 2024
Ilustrasi menggunakan sunscreen atau tabir surya. (Foto: Pexels/cottonbro studio)
Ilustrasi menggunakan sunscreen atau tabir surya. (Foto: Pexels/cottonbro studio)

ThePhrase.id - Pada awal tahun, Kota Jakarta dan sejumlah wilayah di Indonesia memasuki musim hujan dengan curah hujan yang tinggi. Saat memasuki puncaknya musim hujan, biasanya langit akan mendung dan matahari tidak seterik biasanya. Meski begitu, bukan berarti kita terbebas dari dampak sinar UV matahari yang dapat merusak kesehatan kulit.

Mungkin masih banyak yang memilih tidak menggunakan sunscreen atau tabir surya ketika cuaca sedang mendung dan hujan. Namun, sayangnya ini bukanlah pilihan yang tepat, masih ada beberapa alasan pentingnya tetap menggunakan sunscreen ketika berkegiatan di luar apapun keadaan cuacanya. Mengapa begitu? Simak penjelasannya berikut!

Meski matahari tidak terlihat, sinar UV tetap ada

Cuaca mendung, berawan, dan suhu dingin tidak mempengaruhi tingkat UV, karena sinar UV akan tetap menembus atmosfer bumi meskipun sinar matahari tertutup awan. Jadi jika tidak terasa panas, belum tentu tidak ada UV, maka lebih baik untuk tetap menggunakan sunscreen agar mencegah kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Menurut Skin Cancer Foundation, awan hanya dapat menyaring sekitar 20 persen sinar UV, artinya dalam keadaan cuaca yang sangat buruk, 80 persen sinar UV masih masuk dan kulit akan terpapar olehnya. 

Sinar UV atau ultraviolet merupakan sinar bahaya yang berasal dari matahari dengan tiga bentuk, yaitu UVA, UVB, dan UVC. Ketiganya sama berbahaya, UVA merupakan sinar yang menyebabkan keriput, penuaan dini, dan kerusakan kulit. UVB merupakan sinar yang menyebabkan kulit terbakar jika terlalu lama terpapar matahari. Sedangkan untuk UVC ini adalah sinar dengan energi yang lebih besar, tetapi tidak dapat menembus atmosfer bumi. 

Sunscreen menjadi penting dalam keseharian karena paparan radiasi sinar UV menjadi salah satu faktor utama kanker kulit.

SPF menjaga kesehatan kulit

Rutin menggunakan sunscreen atau SPF (sun protection factor) dapat membantu merawat kulit. Masalah seperti penuaan dini merupakan salah satu faktor yang tidak dapat dihindari dalam keadaan cuaca apapun. Dengan menggunakan SPF, kulit akan dilindungi agar mencegah munculnya penuaan dini yang dapat terjadi akibat paparan sinar UV.

Selain itu, pada cuaca yang lembab dapat mempercepat kulit menjadi kering, sehingga SPF dapat membantu melembabkan kembali kulit yang kering agar tidak cepat kering dan keriput. 

Menurut Pakar Dermatologi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia dr Endi Novianto, SpKK(K), FINSDV, FAADV, ketika menggunakan sunscreen pada musim hujan dapat memilih yang waterproof. Jika menggunakan SPF 30, dapat diulang penggunaannya setiap dua hingga empat jam sekali. [Syifaa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic