Permainan Tradisional Indonesia yang Serupa dengan Squid Games

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Kepopuleran drama Korea Selatan yang berjudul Squid Game masih terus viral di media sosial. Dengan konsep permainan tradisional yang dimainkan oleh orang dewasa ini menimbulkan tren dengan menanyakan bagaimana jika Squid Game terjadi di negara lain?

Di dalam drama Squid Game ada beberapa permainan yang mungkin familiar untuk kita sebagai warga Indonesia yang juga memiliki banyak sekali permainan tradisional. Kemudian jika Squid Game terjadi di Indonesia apa saja permainan yang akan dimainkan? Berikut ini beberapa permainan tradisional Indonesia yang serupa dengan permainan tradisional Korea Selatan.

Gobak Sodor

Anak-anak sedang memainkan Gobak Sodor (Foto: Wikimedia Commons/Irhanz)

Judul ‘Squid Game’ sendiri ternyata adalah nama permainan tradisional Korea. Permainan tersebut bisa dibilang serupa dengan Gobak Sodor karena keduanya adalah permainan yang sama-sama memiliki tim penyerang dan tim pertahanan

Gobak Sodor juga dimainkan dengan acuan garis-garis, hanya saja Squid Game memiliki garis yang membentuk gurita. Diambil dari dua kata Gobak dan Sodor di mana Gobak memiliki arti pemainan yang menggunakan lapangan berbentuk segi empat berpetak-petak. Sedangkan Sodor memiliki arti menyodorkan ke depan.

Untuk acuan garis permainan tersebut dibagi menjadi 6 bagian dengan ukuran 9 x 4 meter. Cara memainkan adalah tim pertahanan akan menjaga garis-garis vertikal dan horisontal dan menyodorkan badan untuk berusaha menyentuh tim penyerang yang mencoba untuk melewati garis.

Tarik Tambang

Anak-anak sedang memainkan permainan Tarik Tambang (Foto: Wikimedia Commons)

Kalau permainan yang satu ini bukan hanya ada di Indonesia, tapi berbagai negara lainnya juga sering memainkan permainan tarik tambang atau yang sering disebut Tug of War. Tarik Tambang ini juga disebut sebagai permainan tradisional dan identik pada perlombaan perayaan Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.

Untuk cara bermainnya sudah sangat serupa dengan permainan yang ada dalam Squid Game hanya saja lahan yang digunakan tidak seekstrim Squid Game.

Permainan Kelereng atau Gundu

Anak-anak sedang memainkan Gobak Sodor (Foto: Wikimedia Commons/Irhanz)

Permainan klereng yang ada di dalam Squid Game ditunjukkan dengan berbagai cara mulai dari memasukan kelereng ke galian tanah, menebak jumlah kelereng di tangan, hingga berusaha untuk menggelindingkan kelereng ke arah tembok. Inti dari permainan kelereng adalah berusaha untuk mengumpulkan kelereng sebanyak-banyaknya.

Untuk permainan kelereng di Indonesia juga memiliki sebutan yang berbeda-beda, permainan yang dikenal sebagai gundu atau guli juga disebut nekeran di Jawa. Sementara di Palembang disebut ekar dan di Banjar disebut kleker.

Permainan tradisional ini juga memiliki cara main yang berbeda-beda. Seperti kelereng anak panah dan kelereng lingkaran memiliki konsep yang sama yaitu pemenangnya ditentukan bila pemain dapat melempar kelereng dan mengenakan kelereng yang di tanah. Hanya saja bentuk formasinya yang berbeda, kelereng anak panah dibentuk panah di tanah, sedangkan kelereng lingkaran dibentuk lingkaran.

Patung-patungan

2 anak sedang berpura-pura jadi patung dan satu jadi yang jaga (Foto: Facebook/A&A)

Sama seperti ‘Lampu Merah, Lampu Hijau’, permainan patung-patungan juga dimainkan dengan cara yang sama. Satu orang akan jadi orang yang menjaga dan yang menentukan kapan pemain lainnya boleh bergerak dan kapan jadi patung.

Pemain yang menjaga akan menghadap ke tembok atau ke pohon dan pemain lainnya akan berlari kearah penjanga. Ketika sang penjaga sudah berbalik badan, pemain lainnya tidak boleh bergerak jika bergerak maka pemain itu akan kalah. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you