regional

Pertahankan Budaya Tionghoa, Festival Mooncake 2023 akan Digelar di Jakarta

Penulis Ashila Syifaa
Sep 27, 2023
Ilustrasi Kue Bulan atau Mooncake yang dihidangkan pada Festival Mooncake. (Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich)
Ilustrasi Kue Bulan atau Mooncake yang dihidangkan pada Festival Mooncake. (Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich)

ThePhrase.id - Festival Mooncake atau Mid-Autumn Festival juga dikenal sebagai Festival Kue Bulan merupakan suatu perayaan penting di Tionghoa. Perayaan setiap hari ke-15 bulan 8 Kalender Tionghoa ini merupakan perayaan hari raya panen yang biasanya jatuh pada minggu kedua September sampai minggu kedua Oktober.

Tahun in, Festival Mooncake jatuh pada hari Jumat, 29 September 2023. Di Tionghoa perayaan ini merupakan hari di mana keluarga berkumpul untuk makan-makan, menyalakan lampion hingga menyantap mooncake atau kue bulan.

Tak hanya di Tionghoa saja, masyarakat Tionghoa di negara lain juga merayakannya, seperti warga Tionghoa di Jakarta. Pada tanggal yang sama, Festival Mooncake 2023 akan hadir di Jakarta yang diselenggarakan oleh Perempuan Perhimpunan Tionghoa Indonesia (PINTI) dari Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI).

Acara ini digelar dengan tujuan untuk terus melestarikan tradisi budaya Tionghoa karena memiliki nilai-nilai luhur yang terus dipertahankan hingga saat ini. 

Kali ini, Festival Mooncake 2023 akan di gelar di Old Shanghai Sedayu City, Kelapa Gading, Jakarta Timur pada 29 September hingga 1 Oktober 2023.

Tentunya acara ini terbuka untuk umum bagi yang ingin merasakan suasana perayaan Festival Mooncake dapat hadir untuk menikmati rangkaian acaranya. Festival ini dapat dinikmati oleh keluarga untuk mengungkapkan rasa syukur disimbolkan dengan menyantap kue bulan.

Mooncake atau kue bulan ini merupakan kue tradisional Tionghoa yang terbuat dari tepung terigu, tepung bera, atau kentang kukus, dan memiliki berbagai rasa, seperti manis, asin, dan pedas. Isiannya pun bervariasi mulai dari, kuning telur asin, kacang merah, kacang hijau, dan lain-lain. 

Bazaar UMKM dan Pertunjukan Seni

Pada perayaan kali ini, penyelenggara juga menghadirkan bazaar UMKM yang akan meramaikan acara dengan berbagai macam produk yang dijual terutama kulinernya. Tak hanya itu, acara ini juga diramaikan dengan lomba nyanyi Mandarin dengan hadiah yang menarik dan pertunjukan seni.

Bermacam pertunjukan seni siap menghibur pengunjung, mulai dari pertunjukan barongsai, tarian Nusantara, taichi, tari topeng Tionghoa hingga penampilan tari Gatot Kaca dan penampilan angklung. [Syifaa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic