Pertamina Luncurkan Bengkel Nelayan di Balikpapan

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Pertamina melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) meluncurkan bengkel nelayan melalui optimalisasi bengkel nelayan KUB Semangat Baru di Jl. SAM Ratulangi RT. 2, Kariangau, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (4/10).

Kehadiran bengkel nelayan ini diinisiasi PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak perusahaan Subholding Commercial & Trading Pertamina dan PT Pertamina Integrated Terminal Balikpapan melalui program Pertamina Sahabat Nelayan.

Pertamina luncurkan bengkel nelayan. Foto. Istimewa

Pertamina Sahabat Nelayan adalah program pembinaan nelayan melalui pemberian keahlian keterampilan mesin kapal, pemberian modal kerja, dan perintisan bengkel nelayan.

Peresmian bengkel nelayan di KUB Semangat Baru bersamaan dengan penyerahan bantuan alat budi daya keramba ikan . Penyerahan dilakukan secara langsung oleh Sales Region Manager VI PTPL Anang Yoyong Prayogo, Supervisor HSSE PT Pertamina Integrated Terminal Balikpapan Catur Yogi Prasetyo dan dihadiri Lurah Kariangau Sulfaldi Syam, Penyuluh Perikanan Kota Balikpapan Barat Faisal Nur Oktavia, dan anggota nelayan KUB Semangat Baru.

KUB Semangat Baru merupakan Kelompok Usaha Bersama masyarakat nelayan RT 2, Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat, yang beranggotakan 30 orang nelayan. KUB ini ialah kelompok yang telah dibina oleh PT Pertamina Integrated Terminal Balikpapan sejak tahun 2019 yang saat ini berkolaborasi dengan PTPL dengan Fokus pembinaan yang dilakukan yaitu budi daya ikan keramba.

Sales Region Manager VI PT Pertamina Lubricants, Anang Yoyong Prayogo menyampaikan bahwa anggota KUB Semangat Baru diharapkan mampu mengelola bengkel ini dengan baik.

“Semoga dengan adanya bengkel nelayan ini mampu menjadi sarana bagi kelompok nelayan Semangat Baru untuk meningkatkan kesejahteraan baik secara sosial maupun ekonomi,” ujar Anang dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/10).

Plt Lurah Kariangau, Sulfaldi Syam menambahkan, bahwa hal terpenting dalam pengelolaan bengkel adalah pengolahan limbah B3.

“Kami berharap anggota kelompok mampu menghadapi hal tersebut dengan baik sehingga tidak mencemari laut,” ujarnya.

Supervisor HSSE PT Pertamina IT Balikpapan, Catur Budi Prasetyo dalam kesempatan yang sama menyampaikan, rasa senang dapat berkolaborasi dengan PT Pertamina Lubricants dalam Program Pertamina Sahabat Nelayan.

Pertamina luncurkan bengkel nelayan. Foto. Istimewa

“Semoga melalui kolaborasi program CSR ini dapat memberikan manfaat bagi keberlangsungan kelompok nelayan khususnya KUB Semangat Baru,” tuturnya.

Program kolaborasi yang dilakukan antara PTPL dan PT Pertamina Integrated Terminal Balikpapan ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan kelompok nelayan KUB Semangat Baru.

Program ini juga merupakan upaya PTPL untuk turut berkontribusi terhadap program ESG Pertamina dan pilar “Go Sustainable”, dan “Go Collaborative”, serta mendukung pencapaian SDGs nomor 8 tentang pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi.

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you