politics

Pertemuan Tim Delapan dengan Anies Baswedan di Pacitan, Bahas Apa?

Penulis Rangga Bijak Aditya
Aug 21, 2023
Acara Peresmian Monumen dan Galeri SBY*ANI, Pacitan, Jawa Timur, Kamis (17/8/23). (Foto: Instagram/herzakymahendra)
Acara Peresmian Monumen dan Galeri SBY*ANI, Pacitan, Jawa Timur, Kamis (17/8/23). (Foto: Instagram/herzakymahendra)

ThePhrase.id - Juru Bicara (Jubir) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut sempat ada pertemuan antara Tim Delapan dengan bakal calon presiden (capres) usungan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan di Pacitan, Jawa Timur, Kamis (17/8).

“Ya, ternyata dan perkembangannya memang sempat ada pertemuan dengan teman-teman di Tim Delapan. Kami tidak menampik itu. Ada pertemuan dan diskusi. Dan ternyata Mas Anies berkenan untuk hadir,” ucap Herzaky kepada media pada Jumat (18/8) dini hari, dikutip Antaranews.

Pertemuan yang dilaksanakan di sela persiapan peresmian Monumen dan Galeri SBY*ANI ini terinisiatif muncul secara spontan karena anggota Tim Delapan yang notabene sahabat-sahabat  Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) turut diundang dalam acara peresmian tersebut.

Kesempatan yang muncul tersebut dimanfaatkan untuk berdiskusi mengenai rencana pengumuman bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies yang masih menunggu momentum yang tepat untuk dipublikasikan.

Pengumuman cawapres Anies yang sempat diusulkan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada 17 Agustus 2023, sepakat diundur karena adanya berbagai pertimbangan taktis-politis.

Pertemuan Tim Delapan dengan Anies Baswedan di Pacitan  Bahas Apa
Calon presiden (capres) usungan KPP Anies Baswedan (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (kanan). (Foto: Instagram/aniesbaswedan)

Tak Ada Spekulasi Hari dan Tanggal Pengumuman

Herzaky yang juga merupakan Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat mengatakan pihaknya menyadari bahwa publik tidak sabar menunggu pengumuman bakal cawapres yang akan dampingi Anies Baswedan.

Meskipun demikian, ia tidak ingin berspekulasi terkait kepastian hari dan tanggal pengumuman tersebut, karena hal tersebut hanya soal waktu dan sepenuhnya diserahkan kepada Anies Baswedan.

“Kami bertiga, ada Demokrat, NasDem, dan PKS, sehingga sudah semakin mengerucut, petanya sudah semakin jelas, kejutan apa lagi yang diharapkan. Tinggal bagaimana kita konsolidasi internal,” jelasnya.

Namun ia memberi isyarat bahwa pengumuman bakal cawapres Anies akan dideklarasikan dalam waktu yang tidak lama lagi.

Bakal Cawapres Sudah Mengerucut Satu Nama

Soal siapa sosok yang akan dipilih untuk dampingi Anies pada Pemilu 2024, Herzaky membeberkan sudah ada kesepakatan dan kesepahaman bersama antara Anies Baswedan dengan partai politik anggota KPP, dan sudah mengerucut ke satu nama.

Ia kembali menegaskan mengenai waktu pengumuman tersebut, partai politik anggota KPP menyerahkan sepenuhnya kepada capres Anies Baswedan untuk mengumumkan di waktu yang dianggap tepat. (Rangga)

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic