Pesona Pulau Tawale, Halmahera Selatan Dijuluki Sebagai Raja Ampat Baru

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Indonesia memiliki surga tersembunyi yang melimpah salah satunya adalah Pulau Tawale, Halmahera Selatan, Maluku Utara yang dijuluki sebagai Raja Ampat Baru. Pulau ini terletak di Pulau Kasiruta, Desa Marikuso, Kecamatan Kasiruta Timur, Halmahera Selatan.

Keindahan Pulau Tawale ini menarik perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang langsung mengunjungi untuk menikmati keindahnnya.

Pulau Tawale merupakan destinasi wisata baru sebagai alternatif dari wisata Raja Ampat di Papua. Pulau ini dapat ditempuh sekitar satu jam dari Pulau Bacan. Gugusan pulau ini menawarkan beraneka ragam biota laut dengan hamparan hutan hijau di antara lautan dengan air berwarna biru jernih.

(Foto: dok. Kemenparekraf)

Destinasi wisata tersembunyi ini, memiliki keunikan tersendiri dengan bentangan alam yang indah. Tawale juga memiliki beberapa sebaran pulau-pulau kecil di sekitarnya. Kalau dilihat dari ekosistemnya, gugusan pulau Tawale ini merupakan pulau yang terbentuk dari batu karang dan memiliki hutan yang perawan atau yang belum tersentuh.

Selain menikmati pemandangan pulau yang memanjakan mata, pengunjung dapat berenang dan juga mengayuh perahu kayak di lautan sekitar gugusan pulau tersebut.

“Ini adalah pengalaman yang tidak terlupakan. (Gugusan Pulau Tawale) luar biasa indahnya, itu betul-betul ‘gate of heaven’. Apalagi, Halmahera Selatan ini merupakan salah satu spot diving terbaik di dunia,” tutur Sandiaga, saat berkunjung pada Sabtu (26/11/2022).

Pulau Tawale
(Foto: dok. Kemenparekraf)

Keindahan alam gate of heaven ini juga dilengkapi dengan wisata bawah laut yang sama mempesona dan menarik. Keanekaragaman biota laut  seperti terumbu karang dapat terlihat jelas dengan mata karena jernih arinya.

Menurut Sandiaga Uno, keindahan Maluku Utara mengingatkan Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang beraneka ragam, terutama kekayaan biota lautnya.

Maluku Utara tidak hanya dianugerahi dengan pemandangan permukaan laut yang indah dihiasi dengan gugusan kepulauan dan gunung, namun juga dilengkapi dengan keindahan bawah laut yang mempesona yang bisa dijadikan daya tarik wisata unggulan.

Pulau dengan julukan gate of heaven ini memiliki potensi yang besar untuk menjadi daya tarik wisata dunia. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you