e-biz

PHR Raih Penghargaan Best Digital Innovation 2023

Penulis Ahmad Haidir
Nov 11, 2023
PHR raih penghargaan Best Innovation 2023. Foto. Dok. PHR
PHR raih penghargaan Best Innovation 2023. Foto. Dok. PHR

Thephrase.id - Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan meraih penghargaan bergengsi 'Best Digital Innovation 2023' dengan predikat tertinggi yaitu Excellent. PHR dinilai berhasil melakukan berbagai inovasi dan transformasi digital dalam industri minyak dan gas (migas) di Indonesia.


Indonesia Best Digital Innovation 2023 merupakan salah satu penghargaan bergengsi dalam pengembangan inovasi digital Indonesia yang dihelat oleh SWA Media Group. Penghargaan untuk PHR tersebut diterima oleh Executive Vice President (EVP) Business Support PHR Irfan Zaenuri, Kamis (9/11/2023).
 

PHR WK Rokan dinilai berhasil melakukan inovasi transformasi digital pada industri hulu migas (upstream) dalam mendukung operasional di lapangan migas terbesar di Indonesia yaitu WK Rokan. PHR juga berhasil melakukan pengelolaan informasi dalam operasi yang kompleks sehingga dapat mengoptimalkan produksi perusahaan dalam mendukung kemandirian energi nasional.
 

Berbagai metode teknologi telah dilakukan oleh PHR WK Rokan, seperti rencana strategis digitalisasi dengan pendekatan data foundation dan agility dalam proyek digitalisasi yang melahirkan beberapa produk unggulan yang telah diimplementasikan.
 

Beberapa produk inovasi digital PHR yaitu, teknologi virtual reality (VR) untuk peningkatan performa dan pembelajaran keselamatan kerja, artificial intelligence (AI) dalam CCTV untuk peningkatan keselamatan kerja, transformasi digital dalam proses operasi produksi dan lifting, artificial intelligence (AI) untuk menurunkan loss of production (kehilangan produksi).

PHR Raih Penghargaan Best Digital Innovation 2023
PHR raih penghargaan Best Innovation 2023. Foto. Dok. PHR

Tak hanya itu, PHR juga melakukan pembangunan dan pengembangan Digital Innovation Center (DICE) untuk percepatan pengambilan keputusan strategis. PHR juga melakukan ekspansi Integrated Optimization Decision Support Center (IODSC) sebagai solusi transformasi digital.
 

“Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan dari SWA terhadap inovasi digital kami di PHR WK Rokan. Ini merupakan bentuk sanjungan terhadap inovasi dan kinerja yang dilakukan oleh para pekerja PHR," ujar Irfan Zaenuri.


Irfan menambahkan, ekosistem manajemen informasi dan digitalisasi telah menjadi tulang punggung untuk memastikan proses upstream yang aman, andal dan efisien pada operasi produksi dan lifting di WK Rokan. PHR juga berhasil meningkatkan produksi migas semenjak hari pertama alih kelola WK Rokan pada Agustus 2021 lalu, dan menjadi penyumbang utama produksi migas di Indonesia.


"Penghargaan ini juga menjadi penyemangat bagi PHR untuk terus berinovasi dan memaksimalkan kinerja demi kemandirian energi negeri," ucapnya. 

 
Related News
Popular News
 

News Topic