Pinterest, Pilihan Digital Marketing untuk Menarik Generasi Z

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Digital marketing menjadi salah satu strategi penting bagi pelaku usaha melakukan branding. Hal ini sejalan dengan perubahan pola perilaku di masyarakat khususnya Generasi Z dan Milenial yang banyak menggunakan aplikasi digital dalam belanja. Generasi Z memang dibesarkan di tengah teknologi, internet, dan media sosial.

Pinterest menjadi salah satu pilihan bagi pelaku usaha kecil dalam mengembangkan bisnisnya di era digital. Pinterest pertama kali diluncurkan pada tahun 2019, penggunanya terus meningkat dengan pesat. Di tahun 2021, Pinterest memiliki 478 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Serupa dengan Instagram, Pinterest adalah platform media sosial yang mengutamakan visual. Hal ini sangat menarik bagi kalangan Milenial dan Gen-Z. Meskipun tidak banyak dibicarakan orang, Pinterest menjadi pilihan Millenial dan Gen-Z untuk mencari visual yang menarik.

Tampilan for you Pinterest. (Foto: Pinterest)

Lalu kenapa Pinterest bisa menjadi marketing tool? Pinterest memiliki fitur untuk penggunanya dapat melakukan pencarian secara spesifik. Hal ini tidak dapat dilakukan di Instagram.

Dengan fitur tersebut, pengguna lebih memilih menggunakan Pinterest untuk mencari ide dan gagasan menarik. Pengguna dapat bebas dan mencari seluas mungkin untuk menemukan ide-ide atau kreasi spesifik yang dapat ditemukan.

Selain itu, Pinterest juga tidak mengutamakan nama-nama brand besar yang tampil di halamannya melainkan brand-brand lokal dan produk kerajinan tangan atau produk rumahan. Dengan begitu, Pinterest dapat menjadi marketing tool untuk brand-brand para startup untuk menampilkan produknya yang menarik secara visual.

Pinterest Digital Marketing
Tampilan home Pinterest. (Foto: Pinterest)

Menurut Pinterest, pengguna Gen-Z adalah salah satu generasi yang paling suka mencoba hal baru dan sangat terpengaruhi oleh visual yang menarik dan aesthetic. Hal ini sejalan dengan tujuan Pinterest untuk menyediakan wadah, ide dan inspirasi, yang menampung kreatifitas unik setiap individu.

Sebagai marketing tool, brand dengan produk yang baru dan fresh dapat menggunakan platform Pinterest untuk mengembangkan brand agar dikenal luas.

Di Amerika Serikat, advertisers bisa mencapai 200 juta orang di Pinterest. Para startup di Indonesia juga bisa meluaskan pasarnya di media sosial dengan menggunakan Pinterest sehingga bisa menambah engagement dan brand awarenessnya ke masyarakat luas. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you