politics

Polemik Debat Cawapres Ditiadakan, Usulan Siapa?

Penulis Rangga Bijak Aditya
Dec 05, 2023
Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bersama Timnas AMIN. (Foto: Instagram/aniesbaswedan)
Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bersama Timnas AMIN. (Foto: Instagram/aniesbaswedan)

ThePhrase.id - Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) dalam focus group discussion (FGD) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyampaikan ide untuk seluruh pasangan capres-cawapres dihadirkan pada setiap agenda debat capres-cawapres yang diselengarakan KPU.

Co-Captain Timnas AMIN, Nihayatul Wafiroh mengatakan ide tersebut disampaikan karena kehadiran kedua pasangan calon (paslon) tetap penting meskipun hanya capres atau cawapres yang berdebat.

Meskipun demikian, ia menyatakan Timnas AMIN tidak mengusulkan untuk meniadakan debat cawapres.

“Dalam kesempatan yang sama Timnas AMIN tegas menolak usulan nomor urut 2, karena jika disetujui akan membatasi pengenalan pemilih terhadap kualitas utuh para paslon, serta terkesan ingin memberikan kenyamanan berlebih pada paslon tertentu. Penolakan serupa juga diutarakan oleh tim paslon nomor 3,” kata Nihayatul dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (3/12) dikutip Antaranews.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kapten Timnas AMIN, Muhammad Syaugi yang menyatakan Timnas AMIN tidak meminta debat cawapres ditiadakan.

“Dari wakil Timnas AMIN adalah Bu Nini, sudah menyatakan dengan jelas bahwa pasangan AMIN tetap meminta ada debat cawapres, jadi itu udah jelas. Jadi kalau yang meminta tidak ada debat cawapres bukan dari kelompoknya tim AMIN,” ucap Syaugi usai hadiri Peluncuran Safari Natal AMIN di Jakarta, Senin (2/12).

Polemik Debat Cawapres Ditiadakan  Usulan Siapa
Pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. (Foto: Instagram/ganjar_pranowo)

Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani meminta Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk segera membahas polemik terkait format debat capres-cawapres.

“Kami akan cermati dulu apakah kemudian hal itu (debat capres-cawapres) seperti sekarang yang diberitakan. Untuk itu, saya akan meminta kepada tim capres dan cawapres untuk bisa membicarakan hal itu kembali,” tukas Puan usai hadiri acara penyerapan aspirasi dari seniman dan seniwati di Boyolali, Minggu (4/12).

Menurutnya, debat capres maupun cawapres merupakan hal penting agar masyarakat bisa mengetahui visi dan misi tidak hanya dari capres, namun juga cawapresnya.

Prabowo-Gibran Tak Takut Hadapi Debat Capres-Cawapres

Polemik Debat Cawapres Ditiadakan  Usulan Siapa
Pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Instagram/prabowo)

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar menyatakan baik Prabowo maupun Gibran siap untuk mengikuti debat capres-cawapres tanpa ada rasa takut.

“Enggak juga. Mas Gibran beberapa kali melayani (debat),” ucap Zaki ketika ditanya awak media soal pasangan Prabowo-Gibran yang diisukan takut mengikuti debat capres-cawapres, Jakarta, Minggu (3/12).

Zaki menyebut pasangan capres-cawapres nomor urut 2 itu hanya perlu membagi waktu karena masih mengemban tugas negara, yakni Prabowo sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI dan Gibran sebagai Wali Kota Surakarta. (Rangga)

 
Related News

Popular News

 

News Topic