auto

Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 Jadi Ajang Balapan Mobil Pertama di Mandalika

Penulis Firda Ayu
Dec 05, 2023
(Foto: instagram.com/porschesprintchallenge.id)
(Foto: instagram.com/porschesprintchallenge.id)

ThePhrase.id - Porsche Motorsport Asia Pacific melalui Porsche Indonesia meluncurkan ajang balap mobil pertama di Pertamina Mandalika International Circuit bertajuk Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 yang digelar pada 8-10 Desember 2023.

Gelaran ini menjadi kerja sama antara PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama PT Mandalika Grand Prix Association Nusantara Jaya (MGPA) dengan Superstars Motor Sport dan Ikatan Motor Indonesia (IMI). 

Porsche 911 GT3 Cup, menjadi jenis kendaraan yang akan berlaga pada gelaran ini. Mobil ini dilengkapi dengan mesin 4-litre six-cylinder naturally-aspirated boxer dengan tenaga 510 PS. Tak hanya memiliki kontrol dan kelincahan layaknya mobil balap, 911 GT3 Cup juga memiliki tampilan menawan yang layak membuatnya menjadi salah satu kendaraan balap yang paling banyak diproduksi di dunia.

Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 sendiri tergabung dengan sejumlah seri one-make di wilayah Porsche Motorsport Asia Pasific. Gelaran ini dilisensikan dan dioperasikan oleh Supersport Motorsport, perusahaan motor sport yang berbasis di Mandalika, NTB  dengan dukungan penuh dari Porsche Indonesia.

Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 Jadi Ajang Balapan Mobil Pertama di Mandalika
(Foto: instagram.com/porschesprintchallenge.id)

“Kami sangat bersemangat untuk segera memulai musim pertama Porsche Sprint Challenge Indonesia. Dengan mobil Porsche 911 GT3 Cup yang sangat mumpuni dan pembalap dengan motivasi tinggi, kami berharap dapat menghadirkan seri one-make paling mendebarkan yang pernah ada ke Indonesia,” ungkap CEO PT Star Motorsport Indonesia (Superstars Motorsport), Bagoes Hermanto melalui keterangan tertulis (4/12).

Simak jadwal Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 berikut ini.

  • 6 - 7 Desember 2023: Calendar Official Test Days
  • 8 - 10 Desember 2023: Races 1&2
  • 12 - 14 Januari 2024: Races 3&4
  • 26 - 28 Januari 2024: Races 5&6

Setiap putaran balap terdiri dari Sprint Race dengan durasi 30 menit dan Endurance Race dengan durasi 45 menit. Sebanyak sepuluh unit mobil Porsche 911 GT3 Cup juga telah hadir di Pertamina Mandalika International Circuit dan menjadi simbol keistimewaan dan prestise dalam dunia balap.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung menyambut baik penyelenggaraan ajang balap Porsche Sprint Challenge Indonesia di Pertamina Mandalika International Circuit.

Maya Watono selaku Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney juga mengungkapkan bahwa ajang perdana ini dapat menjadi starting point untuk mengembangkan event and attraction di Mandalika untuk ajang balap roda empat.

“Upaya-upaya dalam penyelenggaraan sebuah event and attraction ini merupakan suatu katalis dari pengembangan sebuah destinasi yang harus terus kita jaga. Tentunya, ajang ini merupakan salah satu upaya kami sebagai traffic puller agar pariwisata di KEK Mandalika terus berkembang,” ungkap Maya dilansir Kontan.

Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 Jadi Ajang Balapan Mobil Pertama di Mandalika
(Foto: instagram.com/porschesprintchallenge.id)

Acara-acara prestise seperti Porsche Sprint Challenge ini diharapkan dapat memperkuat posisi sirkuit Mandalika sebagai destinasi sport tourism yang menarik dengan dampak positif bagi ekonomi dan masyarakat lokal di sekitarnya.

Selain itu, Porsche Sprint Challenge Indonesia juga diharapkan dapat menjadi landasan pengembangan bakat-bakat muda di dunia balap Indonesia. Salah satu pembalap di Porsche Sprint Challenge Indonesia, Budiyanto mengaku antusias menantikan balapan ini. 

“Harapannya nantinya balapan ini akan menjadi mercusuar untuk perkembangan dunia otomotif di Indonesia untuk masuk ke jajaran elite otomotif dunia dan menjadi ajang sport tourism yang bisa membawa nilai ekonomi bagi Indonesia,” ungkap Budiyanto.

Pengunjung dapat menikmati ajang Porsche Sprint Challenge Indonesia ini secara gratis di Grandstand A. Sementara itu, akses ke paddock selama 3 hari tersedia dengan harga mulai dari Rp300.000 dan sudah termasuk pajak. Paddock yang merupakan area kerja bagi mekanik tim balap dan administrasi sirkuit dapat memberikan pengalaman lebih eksklusif yang lebih dekat dengan pembalap. [fa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic