ThePhrase.id - Instagram telah mengeluarkan prediksi tren 2023 untuk meyoroti perubahan yang akan terjadi di kalangan anak muda atau generasi Z. Instagram menyebutkan laporan ini merupakan sebuah panduan tren oleh gen Z di tahun 2023.
2023 Trend Report dari Instagram merupakan hasil penelitian yang dilakukan terhadap gen Z yang menggunakan Instagram. Laporan ini membahas beberapa topik seperti fashion, kecantikan, web3, kencan dan yang terpenting adalah komunitas dan koneksi.
“Temuan kami, termasuk dalam laporan ini, dimulai dengan pertanyaan sederhana yang merangkum tahun 2023 dalam satu kata. Tanggapan teratas kami: Penyembuhan, Energi, dan Energi Karakter Utama," tulis Instagram.
Dari laporan prediksi tren tersebut Instagram menyebutkan lima kunci tren utama yang diangkat oleh pengguna gen Z.
1. Daur Ulang, Gunakan Kembali, Rekonstruksi
Foto: Instagram
Selama 2022 media sosial selalu diramaikan oleh gerakan ramah lingkungan termasuk dalam area fashion. Gen Z menyebutkan sustainablity atau keberlanjutan sebagai isu utama beriringan dengan krisis iklim yang terus naik.
Salah satu caranya untuk membantu adalah melalui fashion yang dilakukan oleh berbagai influencer fashion di seluruh dunia. Mereka mendorong penggunaan fashion alternatif seperti thrifting, DIY dan sustainable fashion sebagai alternatif dari fast fashion.
2. Mengambil Tindakan
Melakukan tindakan merupakan salah satu gerakan yang dilakukan Gen Z untuk membantu sekitarnya, seperti belanja untuk membantu sebuah komunitas dan melibatkan serta mendukung kreator penyandang disabilitas.
Tak hanya itu, tentunya para gen Z juga akan lebih tertarik dan ingin terlibat dalam bidang politik. Saat ini, para gen Z lebih aktif dalam isu-isu politik.
3. Iklim dan Kecantikan Ekspresif
Foto: Instagram
Penggunaan produk kecantikan oleh gen Z juga didorong oleh adanya perubahan iklim yang ekstrem. Mereka akan berinvestasi membeli produk yang melindungi. Hal ini karena terus meningkatnya polusi udara dan sinar UV matahari yang intens. Gen Z akan membeli produk skincare yang melindungi kulit mereka.
Tak hanya itu, pemakaian produk kecantikan seperti make up bukan lagi dilakukan untuk “kecantikan”. Tetapi lebih untuk mengekpresikan diri sendiri, jadi akan lebih banyak tren make up yang ekperimental.
4. Alt Mengambil Metaverse
Gen Z akan lebih mengekspresikan diri melalui ruang virtual. Hal ini didukung dengan adanya kenaikan influencer digital atau influencer AI yang menjadi inspirasi kebanyakan gen Z. Menurut gen Z, di dunia maya dengan menggunakan avatar akan lebih merepresentasikan bentuk tubuh berbeda-beda dan kecantikan yang beragam.
5. Renaisans Finansial
Keuangan menjadi aspek penting bagi gen Z, sehingga mereka memanfaatkan media sosial untuk menghasilkan uang. Bukan hanya menjadi konten kreator tetapi juga pengguna yang melakukan proyek-proyek melalui Instagram.
Literasi keuangan menjadi hal yang penting untuk dipelajari diiringi dengan meningkatnya kesibukan sampingan melalui media sosial oleh gen Z. Mereka dapat mengubah minat dan ketertarikannya menjadi sumber pemasukan sampingan.
Selain lima hal yang akan menjadi tren 2023, tren lainnya untuk para kreator yaitu kepentingan komunitas dan keterlibatan dengan fansnya. Sedangkan dalam musik, gen Z akan lebih mendengarkan non-english musik seperti K-Pop dan musisi Latinx. [Syifaa]