trending

Presiden Jokowi Dijadwalkan Uji Coba Kereta Cepat 13 September 2023

Penulis Nadira Sekar
Sep 12, 2023
Foto: Kereta Cepat Jakarta-Bandung (dok. KCIC)
Foto: Kereta Cepat Jakarta-Bandung (dok. KCIC)

ThePhrase.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, mengumumkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan untuk melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada 13 September 2023 mendatang. 

Pengumuman ini disampaikan saat Budi Karya Sumadi mencoba KCJB dan menghadiri acara Basis Pertukaran Ilmu Pengetahuan dan Budaya Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta-Bandung di Depo Tegal Luar, Cileunyi,  Sabtu (9/9/2023). 

"Pak Presiden Jokowi sendiri akan melaksanakan uji coba direncanakan tanggal 13 September 2023 setelah pulang dari India," ujar Budi.

Menhub menjelaskan bahwa akses yang akan diperiksa dalam uji coba ini mencakup Stasiun Keberangkatan Halim, Jakarta, Stasiun Karawang Jawa Barat, Stasiun Padalarang Jawa Barat, dan Stasiun Akhir Tegalluar, Jawa Barat. Setelah uji coba ini selesai, Presiden Jokowi dijadwalkan untuk meresmikan operasional kereta cepat Jakarta-Bandung pada 1 Oktober 2023 mendatang.

Budi Karya Sumadi berharap bahwa semua proses ini akan berjalan lancar. "Insha Allah semuanya (proses) sudah berjalan dengan baik," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, bersama-sama dengan PM China, HE Li Qiang, telah mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Rabu (7/9). Keduanya naik kereta cepat dari Stasiun Halim hingga Stasiun Karawang dalam waktu hanya 11 menit.

Presiden Jokowi Dijadwalkan Uji Coba Kereta Cepat 13 September 2023
Foto: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama PM China HE Li Qiang (dok. KCIC)

Luhut mengungkapkan bahwa banyak perbincangan penting dilakukan bersama PM Li Qiang selama perjalanan tersebut. PM Li Qiang memberikan pujian terhadap kereta cepat yang dibangun sebagai proyek kolaborasi antara Indonesia dan China. 

"Tadi di kereta api kami banyak diskusi detail mengenai kereta ini dan merasakan bersama bahwa kualitas keretanya cukup bagus, kami merasakan kecepatan hingga 326 km/jam dan saya kira ini luar biasa," ujar Menko Luhut.

Setelah menunggu selama 15 tahun sejak gagasan pertama kali muncul pada tahun 2008, Indonesia akhirnya akan segera memiliki kereta cepat dengan kecepatan 350 km/jam. Kecepatan tersebut menjadikan KCJB sebagai kereta api cepat pertama di Asia Tenggara. 

"Kereta Cepat Jakarta Bandung saat ini sudah hampir menuju uji coba publik pertamanya. Meski banyak keraguan pada masa pembangunannya, namun saya menganggap bahwa proyek kolaborasi ini sebuah pencapaian luar biasa," kata dia. [nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic