trending

Presiden Jokowi Resmikan LRT Jabodebek, Masyarakat Bisa Gunakan Mulai Hari Ini

Penulis Rangga Bijak Aditya
Aug 28, 2023
Peresmian LRT Jabodebek oleh Presiden RI Joko Widodo di Stasiun Cawang, Jakarta Timur, Senin (28/8/23). (Foto: Tangkapan layar YouTube/Sekretariat Presiden)
Peresmian LRT Jabodebek oleh Presiden RI Joko Widodo di Stasiun Cawang, Jakarta Timur, Senin (28/8/23). (Foto: Tangkapan layar YouTube/Sekretariat Presiden)

ThePhrase.id - Presiden RI Joko Widodo resmikan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek di Stasiun Cawang, Jakarta Timur pada Senin (28/8) pagi ini.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan kereta api ringan, LRT Terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi,” ucap Jokowi saat peresmian di Stasiun Cawang, Jakarta Timur.

Peresmian ditandai dengan dilakukannya tap kartu elektronik dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi.

Sebelum peresmian, Jokowi menjajal terlebih dahulu kereta LRT dari Stasiun Harjamukti melalui Stasiun Ciracas, Stasiun Kampung Rambutan, Stasiun Taman Mini, dan turun di Stasiun Cawang untuk peresmian tersebut.

LRT Jabodebek menjadi moda transportasi modern terbaru yang dapat mendukung mobilitas masyarakat Indonesia di wilayah Jakarta dan sekitarnya, yang memiliki 18 stasiun pemberhentian dan terbagi ke dalam 2 lintas layanan, yakni layanan Cibubur Line dan Bekasi Line.

“Dan hari ini alhamdulillah LRT juga sudah siap dioperasikan, baik yang dari Harjamukti di Cibubur dan dari Bekasi, ke Jakarta sepanjang 41,2 kilometer dan menghabiskan anggaran 32,6 triliun rupiah,” papar Jokowi.

Tinggalkan Transportasi Pribadi Atasi Polusi Udara

Presiden Jokowi Resmikan LRT Jabodebek  Masyarakat Bisa Gunakan Mulai Hari Ini
Suasana di dalam kereta LRT yang ditumpangi Presiden RI Joko Widodo menuju Stasiun Cawang, Jakarta Timur pada Senin (28/8/23). (Foto: Tangkapan layar YouTube/Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi berharap dengan keberadaan LRT Jabodebek akan membuat masyarakat meninggalkan penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi massal yang sudah disediakan oleh pemerintah.

“Dibangun MRT, LRT, KRL, Transjakarta, BRT, Kereta Bandara, agar masyarakat kita semua beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal,” imbuhnya.

Penggunaan transportasi massal juga menjadi upaya yang dipraktikan pemerintah untuk mengurangi polusi udara, yang mana udara di Jakarta dan sekitarnya berkualitas buruk saat ini.

“Kita harapkan masyarakat berbondong-bondong beralih ke LRT baik yang dari Cibubur dan sekitarnya maupun Bekasi dan sekitarnya, sehingga kemacetan di jalan bisa kita hindari, dan juga polusi bisa kita kurangi,” tukas Jokowi.

Selama proses penjajalan dan peresmian LRT Jabodebek, Presiden Joko Widodo ditemani Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan didampingi beberapa menteri serta kepala lembaga negara.

Menteri-menteri yang hadir di antaranya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Mensesneg Pratikno, dan pejabat negara lainnya. (Rangga)

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic