lifestyle

Promosikan Pariwisata Indonesia, Kemenparekraf Luncurkan WonderVerse Indonesia

Penulis Nadira Sekar
Aug 28, 2022
Promosikan Pariwisata Indonesia, Kemenparekraf Luncurkan WonderVerse Indonesia
ThePhrase.id - Mengikuti perkembangan teknologi digital yang begitu pesat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia baru saja meluncurkan platform WonderVerse Indonesia untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Foto: Kerja Sama WonderVerse Indonesia (dok. Kemenparekraf)


Dalam peluncuran platform tersebut, Kemenparekraf bekerja sama dengan PT Magnus Digital Indonesia yang merupakan bagian dari Volare Advertising Network, sebagai perusahaan ad-tech marketing consultant di Jakarta.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan dokumen kerja sama untuk menciptakan WonderVerse Indonesia sebagai yang pertama dalam mempromosikan keindahan dan keunikan Indonesia ke penjuru dunia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengungkap bahwa pihaknya memiliki tugas untuk memajukan potensi pariwisata serta ekonomi kreatif yang ada di Indonesia. Sehingga, pihaknya ingin bergerak yang paling terdepan dalam perlombaan ini.

“Untuk jadi yang pertama dan terdepan, maka kita perlu bergerak dengan menerapkan strategi 3G, yakni gerak cepat (gercep), gerak bersama (geber), dan garap semua potensi lapangan usaha (gaspol),” jelas Sandiaga Uno dalam keterangan persnya, Jumat (19/8/2022).

Selain mempromosikan pariwisata, Sandiaga menyampaikan bahwa platform WonderVerse juga ditujukan untuk mendorong industri ekonomi kreatif di Indonesia.

Foto: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam Penandatanganan Kerja Sama WonderVerse Indonesia bersama PT Magnus Digital Indonesia (dok. Kemenparekraf)


“Selain pariwisata, WonderVerse Indonesia juga media untuk mendorong para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia untuk bisa mempromosikan produknya secara digital dan bisa dikenal di seluruh dunia,” ucap Sandiaga.

Chief Executive Officer Magnus Digital Indonesia, Hendra Liman juga menuturkan bahwa WonderVerse nantinya akan menjadi wadah bagi Kemenparekraf untuk memperkenalkan keindahan budaya Indonesia di mata dunia.

“Kerja sama yang melahirkan WonderVerse Indonesia ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang besar bagi Indonesia dari sisi digital, travel, maupun ekonomi kreatif. Selain itu platform ini juga menjadi sarana informasi bagi dunia tentang pariwisata Indonesia,” jelas Hendra.

Ia menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan langkah awal untuk mendukung dan memajukan  dunia pariwisata dan ekonomi kreatif yang merupakan salah satu pilar penting perekonomian Indonesia untuk ke depannya.
Tentang WonderVerse Indonesia

Lebih lanjut, Hendra menjelaskan bahwa platform WonderVerse Indonesia terbagi menjadi empat bagian atau yang disebut sebagai nama land yang merupakan representasi Indonesia sebagai negara kepulauan.

Land pertama adalah Lobby di mana pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan endemik, galeri lukisan dari seniman Indonesia serta layar lebar yang disediakan untuk mengetahui keseruan yang akan datang.

Kemudian, di land kedua ada WonderFun yang menghadirkan berbagai permainan khas Indonesia serta hiburan seperti pertunjukan wayang, tarian tradisional dan sebagainya. Di land ketiga adalah WonderGoods di mana pengunjung bisa bertransaksi barang-barang khas Indonesia.

Terakhir adalah WonderReal, di mana pengunjung bisa langsung membeli tiket penerbangan, hotel dan akomodasi selama liburan mengunjungi Indonesia sesuai dengan destinasi yang diinginkan.

Platform WonderVerse dapat diakses di mana saja melalui perangkat desktop. Hal tersebut semakin membuka peluang bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bisa menjangkau generasi muda kapan pun dan di mana pun mereka berada. [nadira]

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic