ThePhrase.id - Perusahaan insurtech asal Indonesia, Qoala berhasil menetapkan posisi sebagai satu-satunya perusahaan insurtech asal Indonesia yang menduduki peringkat ke-45 dalam daftar The Insurtech 100 tahun 2022.
Berkembang menjadi insurtech terkemuka, Qoala beroperasi di empat negara, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam dan telah bermitra dengan lebih dari 30 mitra asuransi terpercaya.
The Insurtech merupakan daftar yang dikeluarkan oleh Sonr, market intelligent platform industri asuransi sebagai daftar tahunan yang mendorong perubahan dalam industri asuransi.
Logo Qoala (Foto: qoala.app)
“Tentu kami sangat senang dan bersyukur bahwa Qoala bisa ada di peringkat ini. Merupakan salah satu pencapaian yang besar sekaligus apresiasi bagi upaya Qoala dalam mempermudah masyarakat Indonesia hingga Asia Tenggara untuk memiliki akses asuransi,” ungkap Co-founder dan Deputy CEO Qoala, Tommy Martin.
Dalam The Insurtech, 100 perusahaan asuransi dipilih dengan Indeks Sonr yang merupakan teknologi penilaian eksklusif yang menggabungkan jutaan data. Data dikelola dengan kriteria utama pemilihan yang mencakup kepemimpinan, produk, dan kinerja bisnis.
Setelah beberapa daftar perusahaan muncul, Sonr mengumpulkan analisis pakar dan perspektif dari beberapa pemimpin industri seperti perusahaan konsultan EY dan asuransi penyedia Generali. Setidaknya tiga ahli independen hadir untuk menilai dan mengevaluasi para startup secara kritis.
Meski merupakan pasar yang rendah penetrasi, industri asuransi memiliki potensi yang masif khususnya di Indonesia. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, mulai dari minimnya akses hingga rendahnya literasi asuransi di tengah masyarakat.
Harshet Lunani (Founder & CEO Qoala), Tommy Martin (Co-founder & Deputy CEO Qoala) (Foto: marketing.co.id)
Sejak tahun 2018, Qoala telah hadir dengan komitmen memberikan pengalaman asuransi terbaik bagi pelanggannya melalui proses pembelian polis dan klaim yang cepat dan mudah. Penyediaan inovasi terdepan dilakukan untuk membantu mendigitalisasi produk asuransi menjadi lebih efisien lewat teknologi.
Berbeda dengan insurtech lain, Qoala lebih berfokus dalam hal mengaktifkan asuransi untuk keperluan pelanggan individu. Inovasi dilakukan bukan hanya dalam bidang teknologi tetapi melalui proses dan layanan yang nyaman serta menghadirkan berbagai produk asuransi yang lebih baik.
“Di samping itu, kami juga mencoba memberikan edukasi terkait pentignya memiliki asuransi lewat berbagai platform komunikasi kami dan pengalaman para pelanggan sendiri saat melakukan klaim asuransi. Dengan upaya ini, Qoala telah melihat minat asuransi menjadi sangat baik, apalagi hal ini dimungkinkan melalui bisnis kami dalam 4 tahun terakhir,” ungkap Tommy.
Bekerja sama dengan pialang asuransi PT Mitra Jasa Pratama dan sejumlah perusahaan asuransi terkemuka, Qoala mengembangkan berbagai produk asuransi yang terbaik mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan bermotor hingga santunan tunai.
Qoala memberikan kemudahan pelayanan pengajuan polis secara digital melalui situs dan aplikasi Qoala. Pelanggan dapat dengan mudah memilih dan membandingkan berbagai produk asuransi untuk mendapatkan pilihan terbaik dengan harga premi yang terjangkau serta proses registrasi dan pembelian yang cepat dalam hitungan menit tanpa perlu survei.
Insurance advisor juga disediakan untuk membantu menjelaskan dan mencarikan asuransi sesuai kebutuhan pelanggan Qoala. Pelanggan tidak perlu khawatir dengan proses klaim, semuanya dapat dilakukan melalui aplikasi dan tim Qoala akan siap mendampingi. [fa]