ThePhrase.id – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar InStore Promotion “Ramadan Fashion Festival 2022” pada 14—17 April 2022 di Atrium Utama, Gandaria City Mall, Jakarta. Acara ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan promosi Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 yang akan datang.
Terselenggara berkat kerja sama Kemendag dengan Indonesia Fashion Chamber (IFC), Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Mustika Ratu dan Gandaria City, rangkaian acara ini menampilkan berbagai kegiatan, salah satunya seminar bertajuk “Indonesia Menuju Hub Fashion Muslim Dunia”.
Acara ini juga menyuguhkan trunk show merek fesyen muslim karya berbagai desainer terbaik Indonesia seperti Khanaan, Kami dan Raegitazoro yang juga dapat disaksikan secara langsung melalui kanal Youtube Kementerian Perdagangan.
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi mengungkapkan bahwa melalui acara ini Kemendag akan fokus pada promosi dan penguatan ekosistem untuk pengembangan industri fesyen muslim nasional. Acara ini juga diadakan sebagai upaya Kemendag dalam mendorong fesyen muslim Indonesia di pasar internasional pada 2022.
“Hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat produk halal dunia pada 2024, termasuk produk fesyen muslim,” ungkap Didi.
Fashion muslim dari desainer terbaik (Foto: dok. Kemendag)
Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Miftah Farid mengungkapkan bahwa JMFW merupakan upaya Indonesia memperkenalkan dan mempromosikan produk fesyen muslim Indonesia kepada pasar global guna memajukan industri fesyen muslim Indonesia sekaligus meningkatkan daya saing di pasar internasional.
Miftah menambahkan bahwa kini fashion muslim Indonesia menempati posisi ke-5 sebagai pasar terbesar setelah Iran, Turki, Arab Saudi dan Pakistan. Namun, eksportir utama produk fashion dunia bukanlah Indonesia melainkan Tiongkok, Turki, India, Uni Emirat Arab dan Bangladesh.
“Data tersebut merefleksikan potensi yang besar bagi Indonesia untuk menjadi pusat fesyen muslim dunia. Untuk itu, dibutuhkan upaya penguatan ekosistem produk halal di Indonesia," ungkap Miftah.
Ramadan Fashion Festival 2022 juga diadakan sebagai pembuka jalan bagi JMFW yang akan dilaksanakan pada 20—22 Oktober 2022 di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang, Banten.
In Store Promotion “Ramadan Fashion Festival 2022” dalam rangka promosi Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 yang akan datang. (Foto: dok. Kemendag)
Selain acara ini, Road to JMFW 2023 juga mengadakan berbagai seminar web, inkubasi, dan promosi. Seminar akan diadakan sebanyak lima seri dan webinar Connecting Worlds’s Fashion Capital dengan London Fashion Week, Paris Fashion Week, International Dubai Fashion Week dan Fashion Week Istanbul.
Kegiatan tersebut akan dilaksanakan mulai April hingga September 2022. Adapun untuk kegiatan inkubasi berupa lokakarya desain produk halal dan desain fesyen muslim akan dilaksanakan pada Juni 2022
“Kegiatan promosi Road to JMFW 2023 lain yang akan dilakukan dalam waktu dekat yakni JMFW Corner pada Muffest 2022. Untuk pemasaran produk fashion muslim di JMFW, saat ini sedang dipersiapkan ruang pamer virtual dan business matching dengan buyer internasional,” terang Miftah.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Ida Rustini mengungkapkan kearifan dan budaya lokal merupakan aset bagi para desainer fesyen muslim untuk terus berkarya.
“Kegiatan bertaraf internasional ini diinisiasi Kemendag bekerja sama dengan Kadin Indonesia dan didukung kolaborasi para pemangku kepentingan seperti akademisi, desainer, media, dan seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Ida. [fa]