regional

Rayakan HUT Ke-267, Kota Yogyakarta Gelar Wayang Jogja Night Carnival

Penulis Ashila Syifaa
Oct 03, 2023
Pertunjukan seni Wayang Jogja Night Carnival. (Foto: kemenparekraf.go.id)
Pertunjukan seni Wayang Jogja Night Carnival. (Foto: kemenparekraf.go.id)

ThePhrase.id - Wayang Jogja Night Carnival atau WJNC merupakan acara tahunan yang menjadi salah satu rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta yang ke-267. Pada gelaran yang ke delapan, WJNC akan membawakan hiburan yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Wayang Jogja Night Carnival merupakan karnaval jalanan atau dikenal juga dengan sebutan, Art on The Street yang memadukan antara wayang dan lakon.

Pada perayaan tahun ini, WJNC mengangkat tema “Pandawa Mahabisekha” berdasarkan dari cerita Mahabarata karya  Sri Sultan Hamengku Buwono X. Karya ini menceritakan tentang Kerajaan Parangwiduri “Ratu Sukmengkoro”. Cerita ini juga menjadi filosofi kepemimpinan yang bijaksana serta mengungkapkan suka cita atas rasa syukur kepada Tuhan YME. 

Acara ini akan menampilkan beberapa penampilan seni seperti seni koreografi, busana hingga musik kontemporer. Wayang Jogja Night Carnival juga telah masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Seperti tahun sebelumnya, karnaval ini akan digelar di Kawasan Tugu Yogyakarta pada 7 Oktober 2023 mulai pukul 18.00 WIB yang juga dapat disaksikan secara live melalui Youtube Pemkot Yogyakarta & Dinas Pariwisata Kota Jogja.

Pada tahun ini, acara pawai ini memiliki pembaruan dengan menambahkan acara-acara sebelum WJNC agar membangun suasana sebelum puncak acaranya digelar. Melansir Harian Jogja, rangkai event tersebut terdiri dari event Kampung Wayang, Citraleka, Rembug Pakeliran, Gandamana, Ngambah Jumantara, Gelung Minangkara, Saiyeg Saeka Kapti dan Jagaddhita

Kampung wayang merupakan acara yang menampilkan pameran UMKM dan ekonomi kreatif, workshop, pentas seni, talk show,  hingga lomba mewarnai dan masih banyak lagi. Selain itu, seluruh booth yang hadir akan dihias sesuai dengan tema pewayangan. 

Pada acara karnavalnya, akan memiliki dua titik start dimulai dari Jalan Pangeran Diponegoro dan Jalan Jenderal Sudirman. Titik pameran karnaval juga akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu kawasan Tugu Jogja dan Jalan Margo Utomo.

Untuk dapat menikmati gelaran ini, masyarakat umum dapat langsung datang ke tempat. Namun jika ingin menikmati acara di area tribun dapat mendaftarkan diri dan membeli tiket melalui bit.ly/tiketwjnc8. [Syifaa]

 

 

 

 

 
Related News

Popular News

 

News Topic