tech

Rekomendasi Air Purifier yang Bisa Bantu Kurangi Paparan Polusi Udara

Penulis Nadira Sekar
Aug 22, 2023
Foto: Ilustrasi Air Purifier (freepik.com photo by stefamerpik)
Foto: Ilustrasi Air Purifier (freepik.com photo by stefamerpik)

ThePhrase.id - Kondisi polusi udara Jakarta yang kian memburuk telah memunculkan kekhawatiran mendalam di kalangan masyarakat akan dampaknya terhadap kesehatan. 

Tak sedikit masyarakat yang telah melakukan langkah proaktif untuk melindungi diri dari paparan polusi udara. Di samping menggunakan masker saat beraktivitas di luar, penggunaan alat pembersih udara atau air purifier juga menjadi salah satu solusi yang dilakukan masyarakat. 

Bagi Anda yang tengah mencari air purifier yang dapat bantu kurangi polusi udara baik di rumah maupun di kantor, berikut beberapa rekomendasi yang dapat dipertimbangkan!

Coway AP-1018F Breeze

Rekomendasi Air Purifier yang Bisa Bantu Kurangi Paparan Polusi Udara
Foto: dok. Coway Indonesia

Rekomendasi air purifier pertama adalah Coway AP-1018F Breeze. Meskipun memiliki ukuran yang relatif kecil, air purifier ini diklaim dapat menghilangkan polutan dalam ruangan secara efektif dengan sistem filtrasi 4 tahap. Sistem filtrasi 4 langkah dapat menyaring 99,99% debu sangat halus berukuran 0,01µm. Polutan yang dapat disaring termasuk virus, jamur, rambut, bulu, debu halus, bau tak sedap, dan gas berbahaya. 

Dilengkapi dengan berbagai mode, air purifier ini bisa disesuaikan sesuai kondisi dan kebutuhan Anda. Tersedia mode Automatic, Manual, Turbo, Smart Eco, dan Quiet. Air purifier ini telah dilengkapi dengan sensor cahaya, di mana indikator LED akan dimatikan secara otomatis ketika pencahayaan di sekitarnya redup lebih dari 3 menit. Selain itu, ada juga sensor debu yang dapat mendeteksi tingkat debu di udara untuk penyaringan yang lebih komprehensif

Produk ini dapat dibeli dengan harga Rp7.000.000.

Philips 1000i Series

Rekomendasi Air Purifier yang Bisa Bantu Kurangi Paparan Polusi Udara
Foto: philips.co.id

Air purifier Philips 1000i Series diklaim dapat membersihkan udara dalam waktu kurang dari 11 menit. Produk satu ini diklaim dapat menghilangkan 99,9% virus, alergen dan polutan dan cocok untuk ruangan dengan luas hingga 32 m2. 

Philips 1000i Series hadir dengan penyaringan 3 lapis dengan NanoProtect HEPA, Karbon Aktif dan prafilter yang dapat menangkap 99,97% partikel halus berukuran 0,003 mikron. Artinya, Anda bisa aman dari PM2.5, bakteri, serbuk sari, debu, bulu hewan, dan polutan lainnya. Ini juga hadir dengan sensor yang akan memindai udara 1000x per detik untuk mendeteksi partikel halus. Melaporkan kualitas udara secara real-time dan secara cerdas memilih kecepatan yang sesuai untuk rumah Anda.

Produk ini dapat dibeli dengan harga Rp3.299.000

LG PuriCare™ 360º Air Purifier

Rekomendasi Air Purifier yang Bisa Bantu Kurangi Paparan Polusi Udara
Foto: dok. LG Electronics

LG PuriCare 360° Air Purifier telah diperkaya dengan sistem penyaringan udara Safe Plus Filter dan Ionizer yang bekerja secara sinergis. Melalui fitur ini, perangkat ini menghadirkan proses penyaringan udara berlapis yang mengoptimalkan efisiensi.

Tidak hanya memiliki kemampuan untuk membersihkan partikel debu mikro dan alergen, tetapi produk satu ini juga dapat menghilangkan aroma tidak sedap di dalam ruangan berkat adanya filter deodorisasi.

Tak berhenti di situ, sistem penyaringan yang menggabungkan H13 Grade HEPA Filter dan Ionizer memungkinkan air purifier merek LG ini untuk memberikan perlindungan menyeluruh dengan efektif mengeliminasi bakteri dan virus.

Purifier udara ini juga dilengkapi dengan indikator pintar yang memberikan informasi mengenai kualitas udara di dalam ruangan. Setelah diaktifkan, indikator pintar akan menghasilkan cahaya dengan warna yang bervariasi, mengindikasikan tingkat kualitas udara yang terdeteksi.

Semua fitur canggih ini dapat dinikmati dengan harga Rp16.990.000. 

Samsung Air Purifier AX34R

Rekomendasi Air Purifier yang Bisa Bantu Kurangi Paparan Polusi Udara
Foto: dok. Samsung Indonesia

Samsung Air Purifier AX34R adalah solusi pembersih udara kompak namun bertenaga, cocok untuk segala jenis ruangan. Dengan sistem pemurnian 3 langkah, perangkat ini mampu secara efisien memurnikan dan menghilangkan aroma tidak sedap dari udara, sambil terus memantau serta menampilkan kualitas udara secara real-time.

Melalui sistem pemurnian 3 langkahnya, air purifier ini mampu menyedot partikel debu besar seperti serbuk sari, menetralkan bau tidak sedap di udara, dan mengurangi berbagai gas berbahaya termasuk formaldehida, serta lebih dari 99% partikel debu ultra-halus.

Dalam mode Auto, perangkat ini secara otomatis mendeteksi tingkat polusi dan menyesuaikan daya kerjanya demi menjaga kualitas udara optimal. Sementara itu, dalam mode Sleep, udara mengalir dengan lembut dan tenang, memberikan kenyamanan saat istirahat.

Perangkat ini juga dirancang dengan pertimbangan khusus untuk mencegah penggunaan yang tidak disengaja oleh anak-anak, serta memberikan perlindungan dari potensi risiko. Child Safety Lock yang terintegrasi mengamankan fungsi pengontrolan agar tidak bisa dioperasikan secara tak sengaja. Lebih lanjut, desainnya yang melibatkan elemen berujung bulat menambahkan lapisan keamanan tambahan, meminimalkan potensi dampak jika perangkat terkena benturan oleh anak-anak.

Produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp2.170.000.

[nadira]

 

 
Related News

Popular News

 

News Topic