ThePhrase.id - Gelaran Indocomtech 2023 resmi dibuka hari ini, 30 Oktober 2024. Pameran yang berlangsung sampai 3 November 2024 ini diselenggarakan oleh Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI) dan PT Satu Tujuan Event (Satue Event) di ICE BSD.
Pameran ini menghadirkan sebanyak 174 booth dari 121 perusahaan industri teknologi baik dalam maupun luar negeri yang meliputi kategori Gadget and accessories, Consumer Electronics, Gaming Gear, Commerce Solution, Smart home appliances, Life Style, Transportation Technology, Software, dan jasa solusi IT.
Indocomtech hadir sebagai pameran teknologi informasi terbesar dan terlama di Indonesia. Hadirnya Indocomtech diharapkan dapat menjadi trigger sekaligus trendsetter perkembangan teknologi informasi yang mampu menggerakkan semangat wirausaha generasi muda yang tidak bisa tergantikan oleh mesin dan AI.
“Kewirausahaan pada dasarnya membutuhkan kreativitas yang tinggi tidak akan mudah tergantikan oleh robot pintar sekalipun. Justru dengan kreativitas ini, semakin memberikan ruang bagi generasi muda dengan berbagai keahlian, kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi AI dengan bijak untuk kehidupan yang lebih baik,“ jelas Marsudi Wahyu Kisworo, selaku Ketua Steering Committee Indocomtech.
Bukan menggantikan manusia, Marsudi menyebut bahwa teknologi AI harusnya bisa memberikan nilai tambah yang dapat menciptakan lapangan kerja baru sehingga ekonomi digital Indonesia bisa terus berkelanjutan.
Pentingnya pembangunan ekosistem ekonomi digital ini dimanfaatkan dengan kehadiran Indocomtech yang kini telah memasuki tahun ke-30 penyelenggaraan.
“Indocomtech merupakan salah satu strategi bagi kolaborasi lintas sektor untuk memastikan adopsi AI yang bertanggung jawab untuk menciptakan ekosistem AI berkelanjutan di Indonesia," ucapnya.
Indocomtech 2024 menyuguhkan konsep baru untuk memperkuat ekosistem ekonomi digital dengan menampilkan dua segmen panggung, yaitu Technoforia stage untuk segmen B2C (Business to Costumers) dan Hi AI! stage untuk segmen B2B (Business to Business).
Tak hanya itu, Indocomtech juga menghadirkan program Indonesia Technology Transformation (ITT) bagi segmen B2B untuk menambah semangat transformasi teknologi di Indonesia dalam menyongsong era AI.
Selama Indocomtech, Satue Event juga menggaet pengunjung melalui berbagai program menarik, diantaranya games, robotic competition, promo spesial, cashback hingga clearance sale.
Bank DBS Indonesia sebagai Official Bank Partner Indocomtech 2024 juga hadir memberikan cashback hingga Rp2.200.000 dan cicilan 0% hingga 12 bulan bagi pengguna Kartu Kredit digibank.
Bagi yang membawa anak, Indocomtech 2024 juga menghadirkan “family time” dengan berbagai acara anak, yaitu colouring competition, robotic competition dari Indonesia National Robothon Challenge (NROC), student days, dan lainnya.
Program untuk B2C segment ini bisa disaksikan di area stage Technoforia bersamaan dengan cosplay competition, Olimpiade TIK-Informatika Nasional (OTN), lelang, Treasure Hunt, serta Talkshow & Workshop.
Olimpiade TIK-Informatika Nasional (OTN) diadakan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan dapar diikuti oleh pelajar Tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK di seluruh Indonesia.
Tiket masuk Indocomtech 2024 dibanderol dengan harga tiket online Rp25.000 (Weekdays) dan Rp35.000 (Weekend). Sedangkan tiket on site (offline) sebesar Rp35.000 (Weekdays) dan Rp50.000 (Weekend). [fa]