Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yang Kreatif

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Ridwan Kamil atau yang biasa dikenal dengan sapaan Kang Emil merupakan seorang arsitek serta politisi yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

Lahir pada 4 Oktober 1971 dengan nama Mochammad Ridwan Kamil, Kang Emil merupakan putra kedua dari Tjuju Sukaesih dan Atje Misbach Muhjiddin yang merupakan dosen di Universitas Padjajaran.

Dibesarkan dalam keluarga akademisi, Ridwan Kamil juga memiliki riwayat pendidikan yang membanggakan. Ia merupakan alumnus dari SMA Negeri 3 Bandung yang kemudian melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung dalam bidang arsitektur.

Selepas lulus dari salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia ini dengan gelar Insiyur pada tahun 1999, Kang Emil kemudian meneruskan kuliahnya di University of California, Berkeley.

Kang Emil (Foto: commonwikimedia)

Ia berbekal uang beasiswa untuk menopang kehidupan kuliah dan keluarganya di Amerika Serikat. Masa yang ia sebut sebagai masa tersulit ini berbuah manis karena ia berhasil mendapatkan titel Master of Urban Design pada tahun 2001.

Ia juga sempat bekerja sebagai arsitek di berbagai firma di Amerika Serikat hingga di Departemen Perencanaan Kota Berkeley sebelum akhirnya pulang ke Indonesia pada tahun 2002. Berbekal pengalamannya menjadi arsitek di Negeri Paman Sam ini, Ridwan Kamil bersama teman-temannya mendirikan Urbane pada tahun 2004.

Melalui perusahaan ini, Kang Emil berhasil meraih berbagai penghargaan seperti BCI Asia Awards 2008, 2009, 2010, serta BCI Green Awards dengan projek desain Rumah Botol (dari botol bekas) dan berbagai penghargaan lain.

Tahun 2013, ia yang menjabat sebagai Prinsipal di PT. Urbane Indonesia ini harus berhenti karena terpilih sebagai Wali Kota Bandung periode 2013-2018 yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerakan Indonesia Raya

Dilansir voi, ia membawa visi “Membangun Indonesia Baru dari Bandung” yang diimplementasikan dalam kota Bandung melalui berbagai kebijakan fresh dan kreatif. Seperti, pertamanan hijau, restorasi sungai, membangun Teras Cihampelas hingga berkolaborasi dengan berbagai komunitas lokal Bandung.

Berbagai inovasi epik untuk Bandung yang Kang Emil bawa berhasil membuatnya meraih berbagai penghargaan, salah satunya Urban Leadership dari University of Pennsylvania pada tahun 2013. Tak hanya itu, Ridwan Kamil juga sukses menduduki kursi Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023.

Meski memimpin di masa pandemi, Ridwan Kmil tetap membawa Jawa Barat menuju berbagai pembaruan yang kreatif. Angka kemiskinan serta pengangguran dan desa tertinggal di Jawa Barat turun dalam masa jabatannya.

Momen Ridwan Kamil berpose dengan motor (Foto: instagram/ caferacermafia)

Ia juga disebut berhasil memeroleh 345 penghargaan, seperti Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemi dari Indonesia Awards tahun 2021 dan The Best 7 Asia Governor dari Asia Business Info tahun 2020.

Ridwan Kamil beserta keluarga sempat menjadi panutan dalam media sosial karena terlihat sangat tegar dan tabah saat menghadapi musibah anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz yang hanyut di Sungai Aare, Swiss pada 26 Mei 2022.

“Ibarat ujian, kalau lewat ujian ini mah perasaan ya sebutkan jenis-jenis ujian lain tuh kayaknya bisa (dilalui),”ungkap Kang Emil mengingat momen kehilangan anak sulungnya, Eril dalam channel Youtube, Najwa Shihab. [fa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you