RM, Leader Cerdas BTS yang Intelektual dan Penuh Ide

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Kim Nam-joon atau lebih dikenal dengan nama RM merupakan leader dari boyband dengan segudang prestasi BTS. Keahlian RM dalam bermusik sudah tidak diragukan lagi, ia berperan sebagai rapper utama BTS dan kerap berperan sebagai produser musik untuk BTS.

Saat masih kecil, Nam-joon suka menulis puisi dan sering mendapatkan penghargaan atas tulisan-tulisannya. Ia mulai tertarik pada dunia musik hip-hop setelah mendengar lagu Fly dari Epik High saat ia masih kelas 5.

RM dalam konser BTS (Foto: instagram/rkive)

Ia kemudian mendalami genre musik hip-hop dan hobi menulis lirik hingga mulai mencoba menjadi rapper di komunitas hip-hop lokal amatir pada tahun 2007. Ia mulai berpartisipasi dalam konser pertamanya dan lebih aktif dalam dunia hip-hop underground dengan nama panggung Runch Randa.

Meski disibukkan akan hobinya, RM tetap menjadi murid berprestasi dan mendapatkan nilai 1% teratas dalam ujian masuk universitas hingga memiliki IQ 148. Prestasinya yang cemerlang membuat kedua orang tua RM sangat menentang minat bermusiknya.

Ia berhasil menyakinkan ibunya untuk mengizinkannya menjadi rapper. Ia mendapat tawaran dari Bang Si-hyuk, CEO Big Hit yang menawarinya untuk menjadi trainee dan bergabung menjadi grup hip-hop.

RM trainee selama tiga tahun bersama Suga dan J-Hope sebagai grup hip-hop hingga kemudian konsep grup hip-hop berubah menjadi idol dan menjadi cikal bakal BTS. Nam-joon berhasil debut pada tahun 2013 bersama BTS dengan nama panggung Rap Monster.

RM dalam konser BTS (Foto: instagram/rkive)

Selain menjadi leader dan rapper, Nam-joon kerap menyalurkan hobinya menulis dengan memproduksi berbagai lirik-lirik lagu BTS. Tak hanya menulis tentang topik cinta yang populer, Nam-joon juga mengangkat topik kehidupan seperti kesehatan mental, perpisahan, sekolah dan lain-lain yang ternyata dicintai penggemarnya.

Kreatifitas Nam-joon dalam bidang rap dan menulis lagu membuatnya kerap mendapatkan tawaran duet dari artis Korea maupun mancanegara. Ia diketahui pernah berduet dengan Warren G, Kwon Jin-ah, Mandy Ventrice, Wale, Fall Out Boy dan beberapa artis terkenal lain.

Nam-joon juga termasuk sebagai salah satu member BTS yang aktif memproduksi lagu dan merilis mixtape. Ia diketahui telah menulis dua album mixtape yaitu “RM” dan “Mono” yang sempat menempati tangga lagu dunia. Menjelang wamil, RM juga mengeluarkan album solonya bertajuk “Indigo” yang dirilis pada 2 Desember 2022.

Debut dengan nama panggung Rap Monster, Kim Nam-Joon kemudian mengubahnya menjadi RM karena menurutnya nama panggungnya yang dulu sudah tidak dapat merepresentasikan musik yang ia buat.

Ia menyebut bahwa nama panggung barunya RM dapat menjadi simbol untuk banyak hal seperti mengartikan dirinya sebagai Real Me, atau dirinya sendiri.

Idol yang Cerdas

Kim Nam-joon (Foto: instagram/rkive)

Dikenal sebagai idol yang cerdas, RM juga bergabung dengan variety show Problematic Men di mana para member harus menyelesaikan berbagai puzzle, soal hingga berbagai masalah dengan berdiskusi. Sayangnya ia harus keluar dari program ini pada tahun 2015 karena harus bergabung dengan tur BTS.

Sebagai member yang paling fasih berbahasa Inggris, RM juga selalu menjadi pembicara dalam berbagai acara internasional. Bersama BTS, ia pernah diundang menjadi pembicara di Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB pada tahun 2018 saat peluncuran Generation Unlimited.

Pidato RM yang menyentuh mengenai perundungan dengan cepat menjadi perhatian dunia

“Pidato Namjoon di United Nations sangat menyentuh dan melihat BTS di belakang untuk mendukungnya juga luar biasa! BTS benar-benar adalah suara generasi ini!, “ ungkap salah satu penggemar melalui twitter dalam postingan Good Morning America, @GMA.

“Kami telah belajar untuk mencintai diri sendiri, jadi sekarang saya mendorong Anda untuk ‘berbicara’,” Pernyataan Kim Nam-joon atau RM yang dikutip UNICEF sebagai bagian dari proyek #ENDviolence. [fa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you