Sail Tidore 2022, Perkenalkan Budaya dan Kekayaan Laut Indonesia kepada Dunia

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyukseskan Sail Tidore 2022. Acara besar pariwisata laut yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi ini akan digelar pada 24-29 November 2022.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir dan membuka puncak acara tersebut pada 26 November 2022 di Dermaga Tugulufa Kota Tidore. Dengan mengusung tema “Tidore Kota Warisan Duta Perekat Bangsa-Bangsa”, Sail Tidore diharapkan menjadi etalase untuk mengenalkan kekayaan laut dan budaya Indonesia kepada masyarakat dunia.

Hotel terapung KM. Tatamailau (Foto: Facebook/Sail Tidore 2022)

“Sail Tidore 2022 menjadi kesempatan kita untuk re-branding wisata bahari Nusantara di mata dunia, kita harus optimis dan memanfaatkan tidore sebagai jalur strategis Sail Nasional dan Sail Internasional agar mampu memberi manfaat berkelanjutan terhadap ekonomi lokal,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjitan dikutip dari launching Sail Tidore di Jakarta pada 11 Oktober 2022.

Selain itu, Sail Tidore merupakan kegiatan pelayaran internasional di perairan Indonesia ke- 12 dan telah mendatangkan pelayar-pelayar internasional sejak 2009.

Acara ini menghadirkan rangkaian acara dan menyediakan akomodasi yang memadai untuk para wisatawan yang akan datang dan berkunjung. Beberapa infrastruktur pun dipersiapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Peserta Underwater Photography Competition (Foto: Facebook/Sail Tidore 2022)

Salah satu akomodasi yang disediakan merupakan Hotel Terapung KM. Tatamailu yang ditawarkan kepada pengunjung selama acara pelayaran ini. Selain merasakan sensasinya menginap di atas kapal pemandangan pulau Halmahera dan Pulau Failonga yang sulit untuk dilewatkan.

Sail Tidore 2022 juga menawarkan berbagai rangkaian acara menarik, salah satunya adalah Underwater Photography Competition dengan tema “Explore Soasio Tongowai” telah dibuka dan berlangsung sejak 20 sampai 25 November 2022.

Lomba fotografi ini dilakukan di laut dan menantang para peserta untuk menyusuri keindahan alam dan pesona laut di Saosio dan Tongowai. Selain mencari dan menangkap potret keindahan, peserta lomba juga dapat menikmati pesona bawah laut Tidore yang sedang diexplore.

“Melalui Sail Tidore, kelestarian sejarah yang pernah ada dan besar di Tidore, tugas dan tanggungjawab kita untuk melestarikan itu, apa saja yang tersembunyi di bawah laut Soasio dan Tongowai,” tutur Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Republik Indonesia Taufik Madjid.

Dalam acara internasional ini masih banyak lagi rangkaian Sail Tidore yang akan mengenalkan keindahan alam Tidore dari berbagai aspeknya. [Syifaa]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you