tech

Samsung Auto Blocker, Fitur untuk Melindungi Perangkat Sesuai Keinginan

Penulis Nadira Sekar
Nov 07, 2023
Foto: Auto Blocker Samsung (dok. Samsung)
Foto: Auto Blocker Samsung (dok. Samsung)

ThePhrase.id - Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung Electronics Co., Ltd. baru-baru ini memperkenalkan fitur terbarunya ‘Auto Blocker’, sebuah alat keamanan terbaru yang dirancang khusus untuk pengguna Samsung Galaxy. Alat ini bertujuan melindungi perangkat pengguna dengan cara yang paling sesuai dengan gaya hidup masing-masing.

Auto Blocker diperkenalkan sebagai bagian dari perluasan inovasi keamanan dan privasi Samsung Galaxy di One UI 6. Ini adalah opsi tambahan yang memberikan pengguna lebih banyak kontrol saat mereka mengeksplorasi kemungkinan kustomisasi dalam ekosistem terbuka Samsung Galaxy.

“Di Samsung kami terus berupaya untuk melindungi pengguna dari serangan keamanan, dan dengan diperkenalkannya Auto Blocker, pengguna dapat terus menikmati manfaat ekosistem terbuka kami, sambil meyakini keamanan pengalaman mobile mereka,” kata Dr. Seungwon Shin, EVP & Head of Security Team, Mobile eXperience Business, Samsung Electronics.

Salah satu fitur utama dari Auto Blocker adalah pencegahan pemasangan aplikasi dari sumber tidak sah, yang dikenal sebagai sideloading. Sideloading sebenarnya dapat memberikan keuntungan bagi pengguna dalam hal kustomisasi dan kontrol atas fungsi perangkat. Bagi mereka yang melakukan sideloading dengan aman, fitur ini akan dinonaktifkan secara default. 

Namun, bagi pengguna yang tidak biasa dengan sideloading atau kustomisasi yang luas, mengaktifkan Auto Blocker dapat memberikan keamanan tambahan dengan memblokir serangan rekayasa sosial seperti phishing, di mana penyerang mencoba meyakinkan pengguna untuk menginstal perangkat lunak berbahaya.

Auto Blocker juga dilengkapi dengan berbagai kontrol tambahan, termasuk pemeriksaan keamanan aplikasi untuk mendeteksi potensi malware dan mencegah instalasi perintah dan perangkat lunak berbahaya melalui kabel USB. Ini akan membantu melindungi pengguna saat perangkat mereka berada di tangan pihak lain, seperti saat mengisi daya ponsel di bandara.

Selain itu, Auto Blocker memberikan pembaruan pada fitur Message Guard, yang dapat mengatasi serangan Zero Click atau pesan gambar dapat menyembunyikan kode berbahaya. Awalnya diperkenalkan untuk aplikasi pesan dari Google dan Samsung, fitur ini sekarang dapat melindungi pengguna yang menggunakan aplikasi pesan pihak ketiga. Dengan demikian, pengguna memiliki lebih banyak pilihan untuk menggunakan aplikasi dengan aman. Auto Blocker saat ini tersedia untuk perangkat Samsung Galaxy yang mendukung One UI 6. [nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic