ThePhrase.id - Perusahaan asal Korea Selatan, Samsung Electronics Co. Ltd mempersembahkan rangkaian terbaru perangkat rumah tangga yang mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam acara peluncuran global bertajuk ‘Welcome to BESPOKE AI’. Acara ini digelar secara serentak di Seoul, Paris, dan New York City.
Vice Chairman, CEO and Head of Device eXperience (DX) Division, Samsung Electronics, Jong-Hee Han, menjelaskan bahwa perangkat rumah tangga Samsung kini tak sekadar melakukan tugas-tugas biasa, melainkan melampaui ekspektasi dengan bantuan AI.
“Hari ini kami membagikan visi AI untuk perangkat elektronik pada lebih banyak produk Bespoke melalui konektivitas dan kemampuan AI yang lebih canggih, untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik lagi.” ujar Jong-Hee Han, Rabu (3/4).
Dilengkapi dengan Wi-Fi built-in, kamera internal, chip AI, dan kompatibilitas aplikasi SmartThings, perangkat terbaru Bespoke AI telah diperbaharui dengan fitur-fitur dan konektivitas yang dirancang untuk membentuk fondasi sebuah smart home yang sejati.
Penambahan AI Home baru dan layar LCD 7 inci yang terhubung dengan berbagai produk memungkinkan akses dan kontrol yang intuitif dan mudah atas seluruh ekosistem yang terintegrasi. AI Home menyajikan fitur 3D Map View yang memperlihatkan seluruh struktur rumah secara tiga dimensi, memudahkan pengguna dalam menemukan dan mengontrol semua perangkat yang terhubung.
Sebagai contoh, saat pengguna sedang memasak di dapur dan merasa perlu menyesuaikan suhu di ruangan lain, mereka dapat mengatur AC melalui AI Home di kompor induksi tanpa harus meninggalkan peralatan masak yang sedang digunakan.
Tak hanya itu, pengguna juga dapat menerima panggilan telepon yang masuk ke smartphone mereka melalui AI Home, memungkinkan mereka menjawab panggilan dengan mudah tanpa harus terganggu dari pekerjaan rumah tangga.
Dengan semakin meluasnya penggunaan smartphone, fitur baru Mobile Smart Connect memberikan pemberitahuan langsung ke smartphone pengguna ketika berada di dekat perangkat yang terdaftar. Notifikasi pop-up termasuk menu quick control yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fungsi utama perangkat secara langsung dari smartphone, menghilangkan kebutuhan akan mencari remote control di sekitar rumah.
Samsung turut memperkenalkan fitur inovatif bernama ‘Calm Onboarding’, yang dirancang untuk menyederhanakan pengalaman pengguna dalam menikmati kehidupan yang terhubung secara keseluruhan di ekosistem Samsung. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi mengurus registrasi produk secara manual. ‘Calm Onboarding’ secara otomatis mendaftarkan produk yang dibeli ke akun Samsung yang sama yang terhubung dengan aplikasi SmartThings di Samsung.com. Ini memungkinkan pengguna untuk langsung menikmati fungsionalitas produk tanpa kerumitan proses pendaftaran yang biasanya diperlukan.
Peluncuran di tiga lokasi berbeda menghadirkan perbedaan yang mencolok, bukan hanya dari segi tempat, tetapi juga dalam hal jajaran produk yang diperkenalkan di setiap konferensi pers, yang secara khusus dirancang untuk pasar masing-masing.
Acara ‘BESPOKE AI’ di Seoul menampilkan jajaran produk terbesar di antara ketiga lokasi tersebut, menghadirkan 14 produk baru yang mencakup: Bespoke French Door Refrigerator dengan fitur AI Family Hub™+, Bespoke Infinite Induction Line, Bespoke AI Laundry Combo™, Bespoke Jet Bot Combo™ AI, Bespoke Jet AI™, Bespoke Cube™ Air Infinite Line, kulkas 4-Pintu terbaru 2024 yang dilengkapi dengan teknologi peltier, dan masih banyak lagi.
Sementara itu, di Paris, acara ‘BESPOKE AI’ menitikberatkan pada produk hemat energi yang sesuai dengan kebutuhan pasar Eropa. Ini termasuk pengenalan kulkas freezer ekstra lebar yang memiliki tingkat efisiensi energi “A” menurut standar Eropa berkat kehadiran AI Inverter Compressor dari Samsung. Selain itu, jajaran mesin cuci terbaru menawarkan berbagai model mulai dari A-10%, A-20%, hingga model A-40% yang sangat hemat energi, dilengkapi dengan teknologi Bubble Shot yang menghemat air dan waktu siklus.
Di New York, Samsung 837 menjadi tempat eksklusif untuk memamerkan produk unik, yakni Bespoke Slide-in Range dengan AI Home. Induction range ini tidak hanya multi-fungsi, tetapi juga menawarkan fitur menarik tambahan. Dengan kehadiran Internal Oven Camera, pengguna dapat melihat bagian dalam oven dari jarak jauh, bahkan dari TV di ruang tamu atau melalui aplikasi Smart Things di smartphone mereka. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat klip video time-lapse singkat dari proses memasak yang dapat mereka bagikan di media sosial.
Sebagai pemain kunci dalam industri perangkat rumah tangga, Samsung tidak hanya bertujuan untuk menciptakan produk yang inovatif, tetapi juga untuk memanfaatkan teknologi generasi terbaru dengan tujuan yang lebih luas. Fokus utamanya adalah memperpanjang siklus hidup produk dan mengurangi frekuensi pergantian produk.
Keamanan produk juga menjadi prioritas utama bagi Samsung, yang berkomitmen untuk mencapai dan memperluas sertifikasi untuk membuktikan tanggung jawabnya terhadap produknya di semua kategori perangkat. Ini termasuk sertifikasi reduce fire risk (RFR) untuk produk-produk baru, yang memastikan bahwa perangkat bersertifikasi dirancang untuk secara efektif mencegah insiden kebakaran yang disebabkan oleh produk.
Samsung menegaskan kolaborasinya dengan Disney dan Pixar untuk film "Inside Out 2" (akan tayang di bioskop pada tanggal 14 Juni), bertujuan untuk mengkomunikasikan fitur-fitur baru dari Bespoke AI Laundry Combo™. Sebuah video teaser co-branded terbaru memperlihatkan klip dari film "Inside Out 2" yang menunjukkan bagaimana, dengan menggunakan mesin cuci baru dan teknologi AI Bubble™, pengguna dapat mengatasi emosi yang membuat stres terkait dengan cucian mereka.
[nadira]