sport

Satu Poin dari Dua Laga, Timnas Indonesia Tak Patah Semangat

Penulis Ahmad Haidir
Nov 22, 2023
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama para pemain tetap optimis menjalani kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua, meski baru dapat 1 poin dari dua laga yang telah dijalani (Foto: PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama para pemain tetap optimis menjalani kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua, meski baru dapat 1 poin dari dua laga yang telah dijalani (Foto: PSSI)

Thephrase.id - Wajah Shin Tae-yong tampak dingin saat melangkahkan kaki ke ruang jumpa pers usai pertandingan Timnas Indonesia melawan Filipina. Dalam laga itu Merah Putih hanya mampu membawa pulang 1 poin.


Pertandingan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (21/11/2023), berakhir dengan skor 1-1. Filipina unggul lebih dahulu pada babak pertama. Beruntung tembakan tiang jauh yang dilepaskan Saddil Ramdani pada menit ke-70, mampu menyamakan kedudukan.


Bagi Indonesia hasil ini jelas kurang menggembirakan. Namun juga sedikit melegakan, karena tidak kembali menelan kekalahan.


Rasa luka digelontor lima gol saat menantang Irak di Basra masih menyisakan luka mendalam. Skuad Indonesia kemudian datang ke Manila dengan misi mencetak 3 angka, untuk menebus poin yang hilang pada laga pertama.


Namun apa daya menantang Filipina, para pemain Indonesia tampak masih macet di lapangan. Alhasil hanya 1 poin yang bisa dibawa pulang.


Shing Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, mengungkapkan segala upaya sudah dikerahkan. Baik para pemain maupun tim pelatih telah dirasa maksimal.


“Di pertandingan tadi kami kesulitan. Setelah perjalanan jauh, memakan waktu banyak, perbedaan waktu, kemudian lapangan sintetis yang tidak familier. Kami kesulitan beradaptasi dengan lapangan,” kata STY, sebutan pelatih asal Korea Selatan itu.


Ia lantas mengungkapkan analisis bahwa dalam 20 menit awal babak pertama, skuadnya bermain tidak sesuai harapan. Namun hal itu wajar karena masih beradaptasi dengan kondisi lapangan dalam pertandingan sesungguhnya.


“Dengan semua masalah itu kami tidak mau menyerah. Begitu pula saat Filipina memimpin. Terima kasih kepada para pemain Indonesia dan Filipina, karena telah menyajikan permainan yang bagus,” ujar STY.


Laga berikutnya akan dijalani Indonesia selepas Piala Asia 2023 pada Januari-Februari mendatang di Qatar. Laga semalam merupakan bagian dari kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran kedua dari Grup F.


Pertandingan ketiga Grup F diselenggarakan pada Maret tahun depan. Lawan yang dihadapi Indonesia adalah Vietnam.


“Kami memang baru dapat 1 poin dari dua pertandingan. Namun kami masih punya beberapa laga kandang. Saya yakin kami akan kuat saat bermain di lapangan sendiri. Saya tetap yakin dan berpikiran positif, tim ini bisa melaju ke putaran ketiga kualifikasi,” tutur STY.

 
Related News

Popular News

 

News Topic