e-biz

Selama Ramadhan, Penjualan UMKM Tokopedia Naik 8 Kali Lipat

Penulis Nadira Sekar
May 22, 2021
 Foto: tokopedia.com
Foto: tokopedia.com

ThePhrase.id – Di bulan Ramadhan 2021 lalu, fitur Tokopedia Play yang merupakan fitur live shopping mengalami lonjakan luar biasa hingga 700 persen.  Hal ini dapat dilihat dari jumlah penonton kanal video streaming yang naik selama Daily Ngabuburit Serba Rp20 Ribu yang disiarkan sepanjang bulan Ramadhan. Peningkatan jumlah penonton kanal video streaming ini mendorong peningkatan transaksi UMKM Tokopedia mencapai lebih dari 8 kali lipat. Melalui Tokopedia, lebih dari 100 ribu produk terjual selama 1 jam selama bulan Ramadhan. 

Tokopedia mengungkapkan bahwa kategori Perabotan dan Perlengkapan Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Tubuh, dan Fashion menjadi kategori paling populer di bulan Ramadhan tahun ini. Bahkan, kategori Fashion Muslim berhasil meningkat hampir 4 kali lipat dibanding rata-rata normal harian. 

Selain itu, transaksi produk parsel atau hampers yang sedang tren pada bulan Ramadhan tahun ini juga meningkat lebih dari 3 kali lipat selama adanya kampanye ‘Parsel Ramadhan’ di aplikasi Tokopedia. Para pengguna Tokopedia memilih untuk menggunakan metode pengiriman Same-day atau Instant yang mampu menghemat waktu pengiriman. 

 Foto: Fitur Tokopedia Play (seller.tokopedia.com)

Tokopedia juga menyediakan ekosistem Tokopedia Salam yang memudahkan pembeli untuk mencari produk yang sudah bersertifikat halal. Fitur ini merupakan kolaborasi Tokopedia dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) selaku otoritas penerbit sertifikat halal resmi dari pemerintah dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Komestika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). 

Kemudahan berbelanja dengan harga terjangkau yang diberikan Tokopedia melalui kampanye Daily Ngabuburit Serba Rp20 Ribu ini yang menyebabkan terjadinya lonjakan pembelian. Penjual dapat menghasilkan karya video secara mandiri dan memanfaatkan fitur Live dan Video on Demand (VOD) di Tokopedia Play yang mempermudah para pembeli untuk melihat produk yang dijual melalui video. 

Inovasi Tokopedia Play untuk mengintegrasikan fitur video dalam aplikasi e-commerce merupakan salah satu cara untuk memberikan kenyamanan dan inspirasi bagi para pembeli, sekaligus untuk tetap relevan di masyarakat. [nadira]

 
Related News

Popular News

 

News Topic