ThePhrase.id - Dalam rangka semangat Sumpah Pemuda, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng TikTok untuk kampanye edukasi #SerunyaBelajar edisi terbaru.
Sumpah Pemuda kental dengan persatuan yang membawa perubahan positif. Melalui kampanye #SerunyaBelajar diharapkan dapat mewujudkan perubahan yang lebih positif dalam edukasi dan semangat belajar mengenai topik apa pun dan di mana pun.
Sebagai platform hiburan yang sering digunakan oleh anak muda, TikTok bersama Kemendikbudristek akan mewujudkan proses pembelajaran yang seru. Berbagai macam kegiatan seru dan bermanfaat bagi anak muda akan dijalankan melalui komunitas TikTok.
Foto: Newsroom.tiktok.com
Ada pelatihan bootcamp untuk mengembangkan skill kampanye #serunyabelajar sehingga pembelajaran dapat lebih menyenangkan. Hal ini diharapkan menginspirasi komunitas TikTok dalam rangka transformasi pendidikan di Indonesia terutama pada sektor digital. Hal ini sejalan dengan visi besar Pendidikan Indonesia tahun 2035 yang memiliki tujuan agar masyarakat Indonesia menjadi pembelajar seumur hidup yang unggul dan terus berkembang.
“Melalui program #SerunyaBelajar yang diadakan oleh TikTok ini, kami berharap wadah tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda untuk menggali potensi diri, tidak hanya di bidang akademik saja, namun juga kemampuan literasi digital yang baik," jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Anang Ristanto, dalam rilis Kemendikbudristek di Jakarta, Selasa (25/10/2022).
Ia menambahkan, anak muda membutuhkan wadah pembelajaran yang mendukung potensi, kreativitas serta kemampuan berpikir kritisnya. Melalui kampanye di TikTok dapat mengembangkan potensi sekaligus menjadi wadah belajar.
Ini sudah terbukti dari kampanye sebelumnya, kategori konten edukasi di bawah tagar #serunyabelajar mendapatkan viewers lebih dari 13 miliar dan masih terus bertambah. Ini juga menunjukan adanya semangat belajar di komunitas TikTok.
#SerunyaBelajar edisi Juni 2022. (Foto: Newsroom.tiktok.com)
Berbeda dengan sebelumnya, kampanye #SerunyaBelajar kali ini menyediakan berbagai kegiatan seru untuk mendukung anak muda dalam menghasilkan karya kreatif dan positif. Berbagai kegiatan yang akan dijalankan adalah:
1. Kompetisi #SerunyaBelajar
Kompetisi yang disebut hashtag challenge ini dapat diikuti pengguna TikTok berusia 18 tahun untuk berbagi konten edukasi, termasuk edukasi terkait makanan, kecantikan, fesyen, olahraga, game dan lainnya
2. Bootcamp #SerunyaBelajar
Kegiatan pelatihan intensif untuk 100 kreator terbaik pemenang kompetisi #SerunyaBelajar pada 19 November 2022. Pelatihan ini akan diisi oleh para profesional yang diharapkan dapat membantu para kreator memaksimalkan platform digital untuk memberikan konten edukasi yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.
3. TikTok LIVE
Sesi diskusi bersama para pakar, acara memasak, hingga diskusi terkait fesyen dan kecantikan dari kreator TikTok.
4. Festival #SerunyaBelajar
Festival dengan berbagai kegiatan seru, di antaranya eksperimen sains, sesi sharing dan diskusi bersama kreator TikTok, hingga penampilan musik dari berbagai musisi yang akan diselenggarakan secara online pada 19 November 2022 dan terbuka untuk umum. [Syifaa]