lifestyle

Sempat Viral, Ini 7 Fakta Menarik Subway yang Kembali Buka di Indonesia

Penulis Haifa C
Oct 23, 2021
Sempat Viral, Ini 7 Fakta Menarik Subway yang Kembali Buka di Indonesia
ThePhrase.id – Pada Jumat lalu (15/10/2021), restoran sandwich terbesar asal Amerika Serikat, Subway resmi membuka cabang di Indonesia, tepatnya di Lantai 1 Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan.

Setelah menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Sari Sandwich Indonesia, yang merupakan anak perusahaan PT Map Boga Adiperkasa, restoran cepat saji ini akhirnya kembali membuka restoran di negeri ini setelah sempat tutup pada tahun 2000 lalu.

"Kami sangat bersemangat untuk membawa Subway kembali ke Indonesia, dengan kali ini memiliki konsep yang lebih besar," kata Presiden Direktur PT Map Boga Adiperkasa Tbk, Anthony Cottan.

Antrian Subway Citos (Foto: Okezone)


Pembukaan restoran cepat saji ini sempat viral hingga menimbulkan antrian panjang. Restoran ini menyajikan menu yang menarik seperti sandwich andalannya yang bernama BMT (Biggest, Meatiest, Tastiest) yang berisi salami genoa, pepperoni, dan ham black forest, serta aneka menu lainnya seperti wrap, bowl, salad, daging, dan minuman aneka rasa.

Namun tahukah kamu, ternyata Subway memiliki fakta menarik seperti 7 hal berikut ini:

1) Awalnya hanya merupakan bisnis remaja 17 tahun


Peter Buck dan Fred DeLuca (Foto:Enterpreneurship Subway Franchise Project)


Subway diciptakan oleh Fred DeLuca pada tahun 1965. Saat itu, dirinya masih merupakan seorang mahasiswa berusia 17 tahun. Ide membuat usaha Subway mulai terbentuk setelah di sebuah pesta dirinya bertemu dengan teman ayahnya yang bernama Peter Buck, seorang fisikawan nuklir.

Pada awalnya Fred bercerita kepada Peter bahwa ia sedang mencari uang untuk membayar biaya kuliah, kemudian Buck memberinya uang sebesar US$ 1000 untuk dijadikan modal membuka toko sandwich. Lalu pada tanggal 28 Agustus 1965, DeLuca membuka toko sandwich pertamanya di Bridgeport, Connecticut, Amerika Serikat.

2) Langsung ludes terjual di hari pertama penjualan


Sandwich Subway (Foto: Instagram / Subway)


Pada hari pertama berjualan, Fred menjual sandwichnya seharga 46-69 sen dolar AS. Tak disangka, dirinya berhasil menjual 312 sandwich dan mendapatkan hasil penjualan sekitar US$ 150.

3) Membuka cabang luar negeri pertama di Bahrain


Cabang Subway pertama di Bahrain (Foto: Reddit)


Subway pertama kali membuka cabang di luar negeri pada tahun 1984 di Timur Tengah, tepatnya di Bahrain. Hingga saat ini, Subway sudah memiliki cabang di semua benua di dunia, kecuali Antartika.

4) Awalnya bukan bernama Subway


Pete’s Super Submarines (Foto:Enterpreneurship Subway Franchise Project)


Pada mulanya Fred dan Peter menamai restoran sandwich ini ‘Pete’s Super Submarines’. Namun pada tahun 1968 pasca pembukaan cabang toko kelima setelah 3 tahun beroperasi, Fred mengubah nama tokonya menjadi 'Subway'.

5) Termasuk salah satu restoran waralaba terbesar di dunia


Subway cabang London (Foto: Tripadvisor)


Dilansir dari World Atlas, hingga saat ini Subway telah memiliki 40.000 cabang restoran di 112 negara dengan jumlah 25.000 restoran berlokasi di Amerika Serikat. Hal ini menjadikan Subway sebagai salah satu restoran dengan pertumbuhan sistem waralaba tercepat dan terbesar di dunia.

6) Menggunakan bahan kemasan dari bahan daur ulang


Sandwich Subway (Foto: Instagram / Subway)


Tak hanya menyajikan makanan dengan cita rasa yang lezat, Subway juga selalu memperhatikan lingkungan sekitar dalam berjualan. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan bahan daur ulang untuk mengemas produk makanannya berupa serbet, bungkus/kantong/tas sandwich, mangkuk dan tutup salad, beserta nampannya.

7) Sering muncul di berbagai drama Korea


Adegan Subway di salah satu scene drama It’s Okay to Not be Okay (Foto: dok. tvN)


Sering munculnya Subway dalam sejumlah drama Korea (drakor) seperti drama ‘Descendants of the Sun’, ‘Goblin’, ‘Crash Landing on You’, ‘Defendant’, dan ‘It’s Okay to Not be Okay’ menjadi salah satu faktor utama yang membuat restoran ini cukup populer di dunia, khususnya bagi kalangan pecinta drakor.

Dilansir dari The New York Times, Colin Clark, selaku Country Director Subway di Korea Selatan mengatakan bahwa penempatan drama populer memiliki dampak positif pada penjualan global, khususnya di pasar Cina, Taiwan, dan Singapura.

Itulah dia 7 fakta menarik restoran Subway. Apakah kamu sudah mencoba salah satu menunya? [hc]

Tags Terkait

-

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic