lifestyle

Sering Merasa Cemas? Ini Makanan yang Dapat Mengurangi Rasa Kecemasan!

Penulis Ashila Syifaa
Nov 12, 2023
Ilustrasi maknaan sehat. (Foto: Unsplash/Jimmy Dean)
Ilustrasi maknaan sehat. (Foto: Unsplash/Jimmy Dean)

ThePhrase.id - Makanan dan minuman dapat membantu mengurangi rasa stres dan cemas karena kandungannya seperti vitamin atau mineral yang dapat menenangkan diri dari gejala stres atau cemas.

Terdapat juga beberapa makanan dan minuman yang dapat memperburuk rasa stres dan cemas. Maka makanan yang dapat membantu mengurangi rasa cemas anatara lain sayuran hijau, beberapa seafood, dan makanan yang tinggi kalsium.

Menurut Health.com, berikut beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi rasa cemas.

1. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin B yang dapat mengurangi rasa kecemasan. Makanan yang kaya akan vitamin B dikaitkan dengan kemampuannya mengurangi gejala dan perasaan kecemasan.

Kandungan vitamin B dalam alpukat termasuk:

Riboflavin (B2)

Niasin (B3)

Asam pantotenat (B5)

Vitamin B6

Folat (B9)

2. Makanan Tinggi Kalsium

Makanan yang tinggi kalsium termasuk makanan dari olahan susu seperti yogurt dan sayuran seperti bayam dan kangkung dapat meningkatkan asupan kalsium yang berfungsi untuk memperbaiki mood.

Penelitan yang mengumpulkan data dari 1.233 mahasiswa menemukan bahwa mahasiswa yang mengonsumsi banyak kalsium cenderung memiliki tingkat stres yang rendah. 

3. Telur

Gejala rasa cemas tergantung dengan hormon seperti serotonin dan dopamin. Mengonsumsi kuning telur yang mengandung vitamin D dapat mempengaruhi sistem saraf yang berfungsi mengurangi rasa cemas.

Beberapa penelitian mengenai vitamin D dan mood menemukan bahwa dengan meningkatnya asupan vitamin D dapat mengurangi gejala depresi, cemas dan memperbaiki mood.

4. Sayuran Hijau

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Front Phsycol mengenai asupan buah-buahan dan sayuran berkaitan dengan kesehatan mental yang lebih baik menemukan bahwa mahasiswa yang mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran lebih merasa bahagia, santai dan bertenaga.

5. Jeruk

Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung lebih dari setengah kebutuhan gizi vitamin C yang direkomendasikan untuk orang dewasa dan juga berfungsi sebagai antioksidan. Para peneliti telah menemukan bahwa vitamin C berperan dalam respons stres tubuh dan meningkatkan mood.

6. Seafood

Makanan seperti tiram dan salmon juga menjadi salah satu pilihan makanan yang dapat mengurangi rasa kecemasan. Tiram merupakan pilihan yang baik untuk mengurangi kecemasan karena mengandung tinggi zinc, dengan 32mg per 3 ons, setara dengan 291% dari kebutuhan gizi harian. Zinc memiliki peran dalam membantu mengelola kecemasan. 

Selain itu, salmon, yang mengandung asam lemak omega-3, dapat membantu menurunkan kadar hormon stres seperti adrenalin dan kortisol, dengan penelitian menunjukkan penurunan hingga 33% dibandingkan dengan plasebo (istilah medis yang digunakan untuk terapi dan perawatan dalam bentuk obat-obatan). Omega-3 dalam salmon dapat memberikan manfaat positif terhadap respons tubuh terhadap stres.

7. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Beberapa penelitian menemukan kekurangan zink telah dikaitkan dengan kecemasan. Namun, mengonsumsi kacang mete dapat memberikan asupan zing yang dibutuhkan. Kacang mete mengandung 1,6 miligram (mg) seng—sekitar 14% hingga 20% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Biji chia dan biji labu juga merupakan salah satu sumber magnesium yang baik. Mengonsumsi mineral ini dapat membantu mengatur emosi. Sebuah analisis menemukan bahwa magnesium meningkatkan kualitas hidup, mood, dan kecemasan pada orang dewasa yang mengalami stres. [Syifaa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic