
ThePhrase.id – Pertumbuhan positif industri makanan dan minuman mendorong Krista Exhibitions kembali menghadirkan SIAL Interfood 2025 yang akan digelar pada 12 - 15 November 2025 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran.
Memasuki edisi ke-26, SIAL Interfood menghadirkan menghadirkan beragam inovasi, inspirasi, serta peluang bisnis terkini di sektor makanan, minuman, jasa boga, hotel, restoran, kafe hingga bakery yang menegaskan peran penting sektor MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) dalam mendorong pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia.
Sektor MICE sepanjang 2025 terus menunjukkan kontribusi positif terhadap perekonomian nasional. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mencatat event-event yang didukung Kemenpar berhasil menggaet 10,8 juta pengunjung, melibatkan 95.000 pekerja event, mengikutsertakan 14.800 UMKM, serta menghasilkan perputaran ekonomi sebesar Rp11,82 triliun.
Sebagai pameran makanan dan minuman terbesar di Asia Tenggara, SIAL Interfood menghadirkan lebih dari 1.500 peserta dari 26 negara, antara lain Thailand, Indonesia, Iran, Singapura, Arab Saudi, Malaysia, Vietnam, Mesir, Korea, Turki, Rusia, Jepang, Taiwan, Tiongkok, Amerika Serikat, Pakistan, Maroco, Hongkong. Filipina, India, Jordania, Palestina, Dubai (UAE), Italia, Swiss dan Jerman, termasuk 100 UMKM unggulan Indonesia. Selama empat hari penyelenggaraannya, SIAL INterfood 2025 menargetkan kehadiran lebih dari 90.000 pengunjung.
Menghadirkan tren terbaru dari industri makanan dan minuman global, acara ini digelar bersamaan dengan tiga ajang besar, yaitu Seafood Show Asia Expo, INAShop Expo, dan All Indonesia CoolTech Expo.
Tak hanya menjadi etalase inovasi produk dan teknologi terbaru, SIAL Interfood juga menjadi wadah untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Selain itu, ajang ini diharapkan juga dapat mendorong efisiensi produksi, memperluas pasar ekspor, dan meningkatkan daya saing industri makanan dan minuman Indonesia di kancah global.
Bukan sekadar pameran, SIAL Interfood juga menghadirkan program business matching yang mempertemukan pelaku usaha lokal dengan pembeli dan mitra internasional serta menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda dan wirausahawan baru.
Chief Executive Officer (CEO) Krista Exhibitions, Daud D. Salim, menjelaskan bahwa SIAL Interfood diharapkan bisa menghadirkan sinergi yang lebih erat antara pemerintah, asosiasi, dan pelaku usaha untuk memperkuat ekosistem industri makanan dan minuman Indonesia di pasar internasional.
“Semoga pameran ini menjadi momentum penting bagi kemajuan industri makanan dan minuman Indonesia menuju masa depan yang lebih berkelanjutan, inovatif dan berdaya saing tinggi" ungkap Daud D Salim.
Salah satu yang menarik dari SIAL Interfood adalah penyelenggaraan ajang “La Cuisine Cooking Competition 2025”, kompetisi bergengsi dari The Indonesian Association of Culinary Professionals (ACP) yang diikuti oleh hampir 1.000 chef dari dalam dan luar negeri. Ada juga Indonesia Coffee Art Battle (ICAB) dan SIAL Roasting Competitions, yang mempertemukan para barista dan roaster terbaik dari berbagai daerah di Indonesia.
Sebagai upaya meningkatkan kompetensi para pengusaha penyedia Makanan Bergizi Gratis (MBG), Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) juga menghadirkan Pelatihan dan Uji Kompetensi Keamanan Pangan Siap Saji. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas para pelaku usaha dalam menerapkan standar higienitas, kebersihan dan keamanan pangan, sehingga kualitas makanan yang disajikan selalu memenuhi ketentuan serta layak konsumsi.
SIAL Interfood juga menyuguhkan sejumlah program inspiratif mulai dari talk show Artisan Tea - Harmony of Science and Art, Aussie Meat Academy - Lamb Butchery Workshop, hingga seminar IPF tentang Food Packaging Regulation Update in Indonesia.
Sebagai puncak acara, pameran ini akan menggelar Innovation Night yang dimeriahkan dengan Long Cake Collaboration, kolaborasi antar chef dalam menciptakan kreasi kue panjang. Ada juga Award Night, ajang apresiasi bagi para peserta dan innovator.
Untuk menghadiri SIAL Interfood, pengunjung bisa mendaftar melalui tautan https://register.kristaonline.com/visitor/sialinterfood, dengan tiket masuk sebesar Rp200.000 untuk akses selama empat hari penyelenggaraan pameran. [fa]