Siswa SD Kelas 2 Asal NTT Raih Juara 1 Kompetisi Matematika Internasional

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Indonesia patut berbangga! Siswa kelas 2 SD asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay atau lebih akrab disapa Nono, berhasil meraih juara pertama dalam ajang kompetisi matematika International Abacus World Competition 2022.

Foto:  Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay atau Nono. (Youtube Biro Umum Setda Provinsi NTT)

International Abacus World Competition 2022 merupakan kompetisi matematika dan sempoa tingkat dunia yang diselenggarakan oleh International Abacus Brain Gym (ABG) yang diikuti oleh 7000 peserta lainnya dari seluruh dunia. Nono menjadi siswa pertama asal Indonesia yang mampu meraih peringkat pertama pada kompetisi tersebut sejak ABG didirikan pada 2003.

Untuk mendapatkan juara pertama, Nono berhasil menyelesaikan 15.201 file dengan satu file memiliki 10 soal. Sehingga,  secara total, Nono berhasil mengerjakan 152.010 soal dalam jangka waktu satu tahun. Ini diujikan dalam bentuk virtual dan listening dalam bahasa Inggris.

Sementara juara kedua diraih oleh peserta asal Qatar yang mengerjakan 7.502 file atau 75.020 soal, hanya setengah bagian dari soal yang berhasil dikerjakan Nono dan juara ketiga didapatkan oleh peserta asal Amerika Serikat yang mengerjakan 6.138 file atau 61.380 soal.

Prestasi Nono diapresiasi oleh Gubernur NTT Kupang, Viktor Bungtilu Laiskodat. Menurutnya, prestasi yang ditorehkan Nono sangat membanggakan baik untuk warga NTT maupun untuk warga dunia.

Foto: instagram.com/viktorbungtilulaiskodat

Acara penyerahan Abacus Brain Gym Award 2022 kepada Nono turut dihadiri oleh Gubernur Viktor bersama dengan Bupati Kupang Korinus Masneno, Founder ABG USA Juli Agustar Djonli dan Founder ABG Indonesia Aguslina Angkasa di Ruang Rapat Gubernur NTT pada 10 Januari 2023 lalu.

“Banyak anak-anak yang terlahir dari latar belakang biasa saja tetapi mereka menjadi luar biasa dan lebih berhasil dibanding anak-anak yang hanya cerdas di lembaga pendidikan saja, karena mereka memiliki daya tahan yang luar biasa,” ujar Victor

Idolakan Elon Musk dan Ingin Jadi Tentara

Melansir detik.com, siswa SD Inpres Buraen II Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), itu mengaku mengidolakan Elon Musk.

“Saya ingin seperti Elon Musk. Dia sangat luar biasa,” tutur Nono didampingi teman-temannya.

Nono mengungkap dirinya mengidolakan bos Tesla dan Twitter tersebut karena terkesan dengan berbagai teknologi yang telah dikembangkannya. Nono pun berharap dirinya bisa menciptakan teknologi baru untuk membantu masyarakat kecil di lingkungannya di masa depan.

“Dia sangat luar biasa bisa ciptakan alat transportasi tercepat. Kalau saya yang bisa seperti itu, masyarakat di sekitar sini saya bisa bantu, termasuk saya punya teman-teman sekolah,” kata Nono.

Meski mengidolakan Elon Musk, dirinya mengaku bahwa ingin menjadi seorang tentara. Nuryati Meo Tnunay Seran, sang ibu sekaligus wali kelas Nono mengakui, anaknya sangat aktif dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi sejak kecil. Namun Nono selalu diajarkan untuk disiplin tinggi serta rendah. [nadira]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you