Sony A7 Mark IV Resmi Meluncur di Indonesia, Cocok untuk Podcast?

- Advertisment -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Pertama kali dikenalkan pada bulan Oktober 2021 lalu, Sony Indonesia secara resmi meluncurkan kamera mirrorless Sony A7 Mark IV pada Jumat (7/1). Kamera ini merupakan penerus dari A7 Mark III yang rilis pada tahun 2018 lalu.

Foto: Sony A7 Mark IV (dok. Sony Indonesia)

- Advertisement -

Kamera A7 Mark IV merupakan salah satu kamera mirrorless canggih yang dapat memudahkan penggemar foto dan video untuk mengeksplorasi berbagai jenis konten yang diinginkan.

“A7 Mark IV adalah kamera yang melebihi semua ekspektasi kamera mirrorless basic, dengan teknologi dari kamera Sony yang lebih tinggi,” ujar Koji Sekiguchi, President Director Sony Indonesia.

Sekilas kamera A7 IV tampak cukup identik dengan pendahulunya. Namun, A7 Mark IV menerima desain ulang yang lengkap baik di dalam maupun di luar. Desain yang diperbarui terinspirasi oleh kamera Alpha 1 dan A7S III, serta teknologi  baru seperti pemfokusan otomatis yang jauh lebih baik, fitur video yang ditingkatkan, dan konektivitas yang ditingkatkan.

Resolusi Tinggi

Foto: Sony A7 Mark IV (dok. Sony Indonesia)

- Advertisement -

Kamera A7 Mark IV menghadirkan sejumlah peningkatan, termasuk sensor gambar full-frame yang kini memiliki resolusi 33 MP. A7 Mark IV juga telah dilengkapi dengan chip pengolah gambar Bionz XR terbaru yang dapat memberikan kualitas gambar yang lebih baik. Rentang ISO juga luas hingga ISO 204.800, serta kemampuan untuk memotret gambar JPEG atau HEIF 10bit.

Untuk fokus otomatis dan kinerja, A7 IV memiliki banyak fitur dan spesifikasi yang sama dengan kamera kelas atas Sony, termasuk penggunaan sistem AF yang impresif. A7 IV dilengkapi sistem Fast Hybrid AF berkecepatan tinggi dengan 759 titik deteksi fase dan 425 area deteksi kontras.

Selain itu kamera A7 Mark IV ini memiliki fitur Real-time AF yang dapat mengunci fokus di mata subyek manusia maupun hewan seperti burung. Fitur ini bisa berfungsi baik dalam mode foto maupun video.

Electronic Viewfinder dalam kamera tersebut juga mendapatkan peningkatan resolusi menjadi 3,86 dot dengan magnifikasi 0,78 kali serta memiliki refresh rate hingga 120 Hz.

Cocok untuk Video Youtube?

Foto: A7 Mark IV (dok. Sony Indonesia)

Sony mengklaim bahwa A7 Mark IV dapat merekam hingga resolusi 4K 30P tanpa crop atau hingga 4K 50P/60P 4:2:2 dengan crop 1,5 kali. Kamera ini memiliki bobot yang lebih besar dan berat karena memiliki sistem peredam panas (heatsink internal). Sehingga kamera ini bisa merekam video 4K 60P selama terus menerus lebih dari satu jam tanpa terputus akibat dari overheating.

Seperti kamera sony seri A7 lainnya, A7 Mark IV juga dilindungi dengan water sealing sehingga kamera ini sangat cocok untuk digunakan di luar ruangan. Kamera ini cocok untuk merekam video Youtube yang panjang seperti podcast atau mukbang.

Di Indonesia, A7 Mark IV dipasarkan seharga Rp 36.999.000 untuk versi body only dan 39.999.000 untuk versi kit dengan lensa 28-70mm. Kamera ini akan mulai tersedia pada pertengahan Januari 2022. Sony menggelar sesi pre-order pada 7-16 Januari lewat gerai Sony Authorized Dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. [nadira]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you