ThePhrase.id - Layanan streaming Spotify dilaporkan tengah melakukan uji coba penjualan tiket konser langsung kepada penggemar. Uji coba ini pertama kali dilaporkan oleh Music Ally dan Engadget.
Fitur: Spotify Live Events (dok. Spotify)
Namun, kali ini situs baru yang dalam tahap uji coba menjual tiket konser dengan nama Spotify. Melansir TechCrunch, halaman ketentuan legal situs menyatakan perusahaannya menjual tiket atas nama pihak ketiga yang dapat mencakup tempat, promotor acara, klub penggemar, dan artis sebagai agen tiket.
Ini berarti Spotify tidak menetapkan harga tiketnya. Namun, pihaknya akan membebankan biaya pemesanan kepada pelanggan yang akan diungkapkan saat checkout.
“Di Spotify, kami secara rutin menguji produk dan ide baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna kami. Beberapa dari mereka akhirnya membuka jalan untuk pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting,” ujar juru bicara Spotify, Carling Farley dalam sebuah pernyataan kepada The Verge.
Pihaknya menyebut bahwa website tersebut adalah bentuk uji coba terbaru dari Spotify. Namun pihaknya belum bisa membagikan lebih lanjut mengenai rencana masa depan website tersebut.
Seperti yang disebutkan di halaman dukungan untuk Tiket Spotify, pengguna harus membuat akun dan login ke Spotify untuk membeli tiket, dan sepertinya akun tersebut belum mendukung tiket yang dapat dicetak (atau tiket melalui pos).
Spotify mengatakan pengguna harus menunjukkan konfirmasi email dan ID yang valid di box office venue untuk mengambil tiket. Spotify Tiket juga melarang penjualan kembali tiket yang dibeli pengguna, berbeda dari beberapa platform penjualan tiket ternama seperti Ticketmaster.
Sebelumnya, Spotify telah memiliki tab Live Event di aplikasi selulernya di mana pengguna bisa terhubung dengan perusahaan tiket eksternal, dan inisiatif ‘Fans First’ memberi petunjuk kepada pengguna untuk tur oleh artis yang paling sering mereka dengarkan.
Spotify telah menjalin kemitraan dengan perusahaan seperti Ticketmaster, AXS, Dice, Eventbrite, dan See Tickets. Namun, masuk ke industri tiket konser telah terbukti menjadi ide yang menguntungkan. Beberapa bulan setelah bermitra dengan Snapchat, Ticketmaster mengumumkan bahwa penggemar akan dapat membeli tiket konser langsung melalui TikTok. [nadira]